Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Pendidikan Jepang di Jakarta

Kompas.com - 24/02/2012, 11:14 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Jepang melakukan jemput bola dalam pengenalan institusi pendidikannya. Minggu (26/2/2012) lusa akan digelar Japan Education Fair in Indonesia (JEFI) ke-8 di Hotel Sari PanPacific yang digagas PT Pandan International.

Richard Susilo, Komisaris Pandan College dan Pandan International, Jumat (24/2/2012), menjelaskan, dalam pameran kali ini Menteri pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh direncanakan hadir.

Program JEFI ini bisa dikatakan sebagai upaya jemput bola Jepang di bidang pendidikan. Sebab, institusi pendidikan Jepang mulai kekurangan pelajar akibat jumlah penduduk mudanya yang praktis jauh semakin sedikit saat ini.

"Itulah sebabnya  JEFI dibuat bukan hanya untuk anak muda Indonesia, tetapi juga bagi sekolah Jepang. Masuknya murid Indonesia ke sekolah-sekolah di Jepang juga sebagai cara memperkuat kerjasama kedua negara," ujar Susilo.

Di Jepang saat ini jumlah anak muda jauh sangat berkurang, sehingga negara berposisi piramida terbalik, yang tua banyak sekali yang muda sedikit sekali. Kekurangan jumlah anak muda ini sebenarnya merupakan kesempatan Indonesia untuk mengisi hal tersebut dimulai dari upaya semakin banyaknya anak muda Indonesia belajar ke Jepang.

Dengan demikian, bukan hanya ilmu yang diperoleh, kesempatan kerja juga semakin besar di Jepang dengan penguasaan bahasanya, dan terpenting adalah keakraban kedua negara akan semakin baik di masa mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com