Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daerah Sudah Terapkan Wajib Lulus SMA Sederajat

Kompas.com - 04/03/2012, 20:25 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 14 provinsi telah berkomitmen mewajibkan pendidikan hingga SMA sederajat. Karena itu, pemerintah yang bakal mencanangkan pendidikan menengah universal atau hingga SMA sederajat pada tahun 2013 akan terus mendukung pemerintah daerah untuk ambil bagian.

”Untuk daerah yang sudah melaksanakan wajib belajar 12 tahun di 14 provinsi harus semakin kuat komitmennya. Pemerintah juga akan mendorong daerah yang masih belum tuntas wajib belajar sembilan tahun menuju pendidikan menengah universal,” kata Hamid Muhammad, Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Minggu (4/3/2012).

Hamid menjelaskan, pemerintah tidak menamakan wajib belajar 12 tahun karena tidak ada dasar hukumnya. Pertimbangan lainnya karena UNESCO juga tidak mengenal wajib belajar pendidikan menengah.

”Yang ada, ya pendidikan menengah universal. Tetapi, intinya pemerintah mendukung supaya anak-anak bangsa lulus minimal SMA sederajat,” jelas Hamid.

Karena bukan wajib belajar 12 tahun atau pendidikan menengah, pemerintah tetap membuka peluang adanya kontribusi pembiayaan dari masyarakat. Namun, beban yang ditanggung masyarakat semakin diperkecil untuk biaya operasional pendidikan, biaya investasi sarana/prasarana, serta biaya peningkatan kualifikasi dan kompetensi maksimal hingga 30 persen.

Namun, untuk gaji guru di sekolah swasta ditanggung penuh masyarakat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com