Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Lowongan Kerja dan Beasiswa?

Kompas.com - 08/03/2012, 13:18 WIB
Ayu Rahayu Elfitri

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Ada yang tengah berburu lowongan kerja atau beasiswa? Acara yang tengah berlangsung di Gedung Balairung Kampus UI, Depok, Jawa Barat ini mungkin bisa Anda datangi. Pameran bursa kerja dan beasiswa yang dimulai hari ini, Kamis (8/3/2012), akan berlangsung hingg 10 Maret mendatang. Sedikitnya 55 perusahaan dan 11 lembaga donor beasiswa turut mengisi pameran.

Ketua Career Development UI Sandra Fikawati mengatakan, acara ini bertujuan sebagai wadah yang mempertemukan antara pelamar kerja dengan penyedia lapangan pekerjaan.

"Tujuan utama dari diadakannya kegiatan ini adalah sebagai wadah mempertemukan individu yang ingin bekerja dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dan juga memfasilitasi bagi lulusan yang ingin melanjutkan studi untuk bertemu dengan lembaga penyedia beasiswa," ujar Fika.

Ia mengungkapkan, ditargetkan sekitar 10.000 pengunjung akan memadati pameran ini. Sebagian besar, menurutnya, merupakan lulusan UI dan universitas-universitas lainnya dari seluruh Indonesia.

"Mereka (peserta pameran) tidak menutup kemungkinan kok untuk merekrut lulusan dari universitas mana saja. Walau pun, target kita memang buat lulusan UI. Jadi yang diterima tidak hanya dari mahasiswa UI," kata Fika, yang juga dosen di Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Rangkaian kegiatan yang dari acara tersebut selain eksibisi, presentasi perusahaan mau pun lembaga pendonor beasiswa, tes seleksi dan wawancara, ada pula seminar-seminar. Seminar yang akan digelar di antaranya persiapan melanjutkan studi dan seputar karir. Para pengunjung yang ingin mengikuti acara ini disediakan fasilitas online yang akan memudahkan melakukan pendaftaran kerja mau pun beasiswa.

Fika juga mengungkapkan, biasanya, hampir lebih dari 20-25% pencari kerja berhasil direkrut dari berbagai perusahaan yang hadir dalam pameran ini. Pada tahun ini, persentase ini diharapkan meningkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com