Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendidikan Harus Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja

Kompas.com - 08/03/2012, 16:42 WIB
Ayu Rahayu Elfitri

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Direktur Pengembangan Pasar Kerja Kementerian Tenaga Kerja dan TRansmigrasi Budi Hartawan mengatakan, yang perlu dilakukan oleh pencari kerja jika belum diterima bekerja adalah meningkatkan kompetensi melalui pendidikan. Dengan bekal pendidikan yang berkualitas, kata BUdi, tenaga kerja akan semakin berkualitas.
 
"Para pencari kerja sekarang semakin tinggi pendididikannya, tapi dari perusahaannya juga memiliki standar persyataratan yang tinggi yang memungkinkan mereka belum diterima. Sehingga seharusnya yang dilakukan oleh pelamar kerja adalah meningkatkan kompetensinya, melalui kursus kembali, pelatihan, atau belajar kembali," ujar Budi saat menghadiri acara pembukaan "UI Career and Schoolarship Expo XIII", di Gedung Balairung UI, Depok, Jawa Barat, Kamis (8/03/2012).
 
Dengan adanya job fair seperti ini, ia berharap, pihak penyelenggara bisa mencatat para pencari kerja yang diterima dan tidak diterima. Dengan database itu, menurutnya, dapat diketahui apa yang harus dilakukan oleh kalangan dunia pendidikan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja di Indonesia.
 
"Sehingga jika ada kekurangan dari para pencari kerja, kita bisa mengetahui apa yang harus dilakukan untuk perencanaan pendidikan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja,” katanya.
 
Lebih jauh Budi mengungkapkan, Indonesia masih membutuhkan tenaga kerja dalam jumlah besar jika melihat pertumbuhan ekonomi yang kian meningkat. Akan tetapi, kriteria tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan juga semakin tinggi.   
 
"Jika ada yang mengatakan kalau lowongan kerja tidak ada, sebenarnya tidak seperti itu. Justru dengan pertumbuhan ekonomi yang makin bertambah, saya kira lowongan (kerja) juga makin bertambah. Kadang ironisnya, lowongan kerja yang ada tidak bisa diisi, karena mungkin persyaratan yang diminta perusahaan tinggi sehingga para  pencari kerja tidak berhasil. Atau mungkin karena mereka tidak tahu lowongan itu berada di mana. Oleh karena itu, dengan job fair ini bagus sekali," papar Budi.

Pameran bursa lowongan kerja dan beasiswa yang diselenggarakan UI ini akan berlangsung hingga 10 Maret 2012 di Balairung, Kampus UI, Depok, Jawa Barat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com