Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Bilang Guru Tua Tak Bisa Lulus Uji Kompetensi?

Kompas.com - 09/03/2012, 10:45 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kekhawatiran banyak pihak tentang usia guru akan memengaruhi hasil uji kompetensi awal (UKA) ternyata tak terbukti. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Kamis (8/3/2012) malam, menyebutkan, lebih dari 50 persen guru berusia 25-55 tahun memiliki hasil UKA yang memuaskan dan dinyatakan lulus. Sebaliknya, 41 guru yang berusia di bawah 25 tahun dari 172 guru yang mengikuti UKA dinyatakan tidak lulus.

"Data ini menunjukkan bahwa pihak yang menilai guru tua tidak mampu mengerjakan soal ujian itu salah. Buktinya sebagian besar dari mereka lulus UKA," kata Nuh.

Bahkan, lanjut Nuh, jika dipetakan berdasarkan jurusan, banyak guru peserta UKA yang tidak memiliki kesamaan antara program studi S-1nya dengan mata pelajaran yang diajarkan di sekolah.

"Misalnya, sarjana pertanian mengajar Matematika. Sarjana ekonomi mengajar Bahasa Indonesia. Ketahuan semua" ujarnya.

Seperti diberitakan, sampai saat pelaksanaan UKA ditetapkan oleh pemerintah, banyak pihak dari organisasi guru sampai pemerhati pendidikan yang menilai UKA tidak adil untuk para guru yang berusia tua. Alasannya, banyak guru dengan masa mengabdi lebih dari 10 tahun yang khawatir tidak akan mampu berkompetisi dengan guru berusia muda berstatus "fresh graduate".

Menanggapi itu, pemerintah bergeming dan tetap menggelar UKA. Pada 18 Maret mendatang, hasil UKA akan diumumkan guna melakukan pemetaan dan evaluasi terhadap kualitas guru secara nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com