Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkom Dukung TI di Perguruan Tinggi

Kompas.com - 11/03/2012, 13:16 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk meningkatkan kesadaran penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di kalangan perguruan tinggi, PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk kembali menggelar program TeSCA.

”Program TeSCA adalah pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia yang mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). TeSCA merupakan rangkaian dari INDIGO award untuk lingkungan perguruan tinggi dan merupakan program corporate social responsibility Telkom,” kata Head of Corporate Communication and Affair Telkom Eddy Kurnia, Minggu (11/3/2012) di Jakarta.

TeSCA bertujuan meningkatkan kepedulian terhadap teknologi informasi dan komunikasi di dunia pendidikan, khususnya perguruan tinggi.

Melalui TeSCA, Telkom berharap dapat mendorong kreativitas dan inovasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan perguruan tinggi demi mendukung terciptanya visi masyarakat informasi Indonesia sehingga bisa meningkatkan martabat bangsa di dunia internasional.

”TeSCA kami gelar dengan harapan dapat mendorong dan memacu kreativitas dan inovasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi untuk memajukan proses belajar-mengajar di lingkungan perguruan tinggi, sekaligus mendukung terciptanya visi masyarakat informasi Indonesia,” ujar Eddy Kurnia.

Proses assesment TeSCA digelar mulai Oktober 2011 sampai Januari 2012, sedangkan pengumuman para pemenang dan penganugerahan penghargaan dilaksanakan pada 14 Maret 2012. Eddy Kurnia mengatakan, TeSCA menjadi ajang benchmarking teknologi informasi dan komunikasi kampus-kampus di Indonesia sehingga menunjang kampus sebagai center of excellence sekaligus wujud kepedulian Telkom kepada dunia pendidikan dan membina hubungan baik dengan komunitas kampus sekaligus menciptakan standar teknologi informasi dan komunikasi yang tepat di lingkungan perguruan tinggi.

Melalui TeSCA, Telkom memberikan stimulus dan penghargaan serta pemeringkatan institusi pendidikan berdasarkan implementasi teknologi informasi dan komunikasi sehingga mampu meningkatkan penggunaan dan pengembangannya di lingkungan kampus.

Dengan mempergunakan TeSCA, setiap kampus mendapatkan bimbingan untuk meningkatkan nilai (score) implementasi TeSCA. Secara rinci, TeSCA memberikan arahan bagaimana meningkatkan nilai setiap indikator implementasi TeSCA.

Pada TeSCA kali ini Telkom kembali didukung oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (DETIKNAS), dan Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM).

Penilaian dilakukan oleh Komite Juri dan Tim Juri yang kredibel dan independen yang berasal dari para praktisi bisnis, pakar TIK, akademisi, dan pemerintahan.

Komite Juri terdiri dari Dr Ir Cahyana Ahmadjayadi, MH, Staf Ahli Kementerian Komunikasi dan Informatika; Prof Ir Nizam MSc PhD, Sekretaris Dewan Perguruan Tinggi Kemdikbud; Prof Dr Ir Richardus Eko Indrajit, Ketua APTIKOM; dan Prof Dr Zainal A Hasibuan.

Tim juri terdiri dari Chandra Yulistia - Auditor TI; Sapto Anggoro, S.Sos, CBM - Direktur PT. Binokular Media Utama (Mantan Direktur Detikcom); Romi Satria Wahono - ilmukomputer.com; James Tomasow, S.Kom - eGovInstitute, dan Sulzer Jusman - Tuah Malaka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com