Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UT Bisa Dapat Beasiswa Bidik Misi

Kompas.com - 13/03/2012, 16:55 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Keikutsertaan Universitas Terbuka, dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) pada tahun 2013, membuka peluang bagi mahasiswa UT baru juga menerima beasiswa bidik misi. Beasiswa bidik misi tersedia dalam SNMPTN setiap tahunnya.

Universitas Terbuka adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan tinggi jarak jauh dan terbuka milik pemerinta.

"Kuliah di UT belum jadi pilihan banyak lulusan SMA/SMK. Padahal, selain murah, kuliah di UT juga fleksibel. Kami mau menjadilan UT sebagai salah satu pilihan PTN dalam SNMPTN," kata Rektor Universitas Terbuka, Tian Belawati, Selasa (13/3/2012).

Menurut Tian, restu UT untuk ikut SNMPTN pada tahun 2013 nanti sudah diberikan Majelis Rektor PTN Indonesia sebagai penyelenggara PTN. "Nanti, teknisnya akan diperjelas," ujar Tian.

Menurut Tian, pilihan kuliah di UT akan diperbesar lewat jalur SNMPT undangan. Lulusan SMA/SMK yang mendaftar di UT pasti diterima.

Selama ini kuliah di UT tidak ada tes dan batasan umur. Asal sudah memiliki ijasah SMA sederajat, siapa saja bisa kuliah di UT.

Jika mahasiswa ingin cuti kuliah dalam waktu lama juga tidak masalah. Asal mereka dapat mencapai standar kelulusan yang ditetapkan, mahasiswa bisa lulus.

Menurut Tian, pihak UT juga sudah membahas dengan Ditjen Pendidikan Tinggi, untuk bisa menjadi penyalur beasiswa bidik misi. Beasiswa ini untuk lulusan SMA/SMK dari keluarga miskin namun berprestasi yang kuliah di PTN.

"Lulusan SMA/SMK yang memilih kuliah langsung di UT bisa ikut seleksi beasiswa bidik misi," kata Tian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com