Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seleksi UT Melalui SNMPTN Mulai 2013

Kompas.com - 14/03/2012, 04:00 WIB

Jakarta, Kompas - Mulai tahun 2013, Universitas Terbuka direncanakan menjadi salah satu pilihan dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri atau SNMPTN. Pencantuman Universitas Terbuka dalam SNMPTN ini untuk lebih memperkenalkan Universitas Terbuka kepada lulusan SMA/SMAK.

”Pola belajarnya tetap, yakni terbuka dan sistem jarak jauh,” kata Rektor Universitas Terbuka (UT) Tian Belawati di Jakarta, Selasa (13/3).

Menurut Tian, Universitas Terbuka merupakan perguruan tinggi terbuka, sistem belajar jarak jauh, dan berstatus negeri, tetapi masih kurang dikenal kalangan muda lulusan SMA/SMK. Karena itu, untuk lebih memperkenalkan UT, pilihan UT akan dicantumkan dalam SNMPTN.

Selain untuk memperkenalkan UT, lanjut Tian, pencantuman pilihan UT dalam SNMPTN juga menguntungkan mahasiswa karena calon mahasiswa bisa mendapatkan beasiswa bidik misi dari pemerintah untuk biaya hidup dan biaya kuliah.

”Jika memilih UT, peluang diterimanya sangat besar karena UT terbuka untuk siapa pun, berapa pun usianya,” kata Tian.

Di sisi lain, mahasiswa juga memiliki keleluasaan waktu belajar karena sistem belajar UT yang tidak terikat. Bahkan, mahasiswa juga bisa sambil bekerja, lalu menyisihkan waktu untuk belajar di UT. ”Informasi seperti ini yang kurang diketahui calon mahasiswa baru,” kata Tian.

Kualitas diakui

Menurut Tian, masyarakat tak perlu meragukan kuliah jarak jauh dan terbuka di UT. UT telah dikenal dunia dengan terpilihnya rektor UT sebagai presiden suatu lembaga Internasional Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (International Council for Open and Distance Education/ICDE) dalam pertemuan internasional di Oslo, Norwegia, baru-baru ini.

Rektor UT terpilih secara aklamasi menjadi Presiden ICDE periode 2012-2015. Tian merupakan perempuan Asia pertama yang terpilih sebagai Presiden ICDE.

Saat ini ICDE memiliki anggota lebih dari 60 negara. Indonesia yang diwakili UT masuk dalam jajaran sekitar 10 negara yang punya mahasiswa lebih dari 500.000 orang.

Pembantu Rektor III UT Bidang Operasional dan Kemahasiswaan Aminudin Zuhairi menambahkan, pertumbuhan mahasiswa UT cukup pesat. Mahasiswa yang terdaftar mencapai hampir 600.000 mahasiswa.

Pada tahun ini, UT berencana membuka program studi baru yang diminati masyarakat, baik untuk program sarjana maupun pascasarjana. Untuk program sarjana, yang bakal dibuka antara lain perpustakaan, hukum, dan ekonomi syariah.

”Meskipun di perkotaan, kuliah jarak jauh tetap dibutuhkan. Banyak orang di perkotaan yang karena kesibukan sulit kuliah konvensional. Dengan kuliah jarak jauh, kendala ini bisa diatasi,” kata Aminudin. (ELN)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com