Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reich of Darkness, Game Strategi Buatan Lokal

Kompas.com - 18/03/2012, 16:18 WIB

KOMPAS.com - Sebuah permainan berbasis web besutan Toge Production, Reich of Darkness, menempatkan pemain di sudut pandang negara poros dalam sejarah alternatif perang dunia. Pemain harus mengendalikan prajurit untuk mengalahkan pasukan negara sekutu.

Dirilis sejak tanggal 15 Maret 2011, judul ini sudah dimainkan hampir 220.000 kali dan sempat mendapatkan rating 10 di skala 10. Permainan ini mengawinkan genre strategi dengan tower defense. Meskipun terkesan sederhana, gameplay-nya ternyata cukup membuat ketagihan.

Toge Production adalah studio game yang berbasis di daerah Lippo Karawaci, Tangerang, Banten.

Cara memainkan Reich of Darkness hampir mirip dengan game andalan Toge Production, yakni Necronator. Dalam setiap tingkatan, pemain mengutus pasukan untuk menyerbu pasukan musuh dan kemenangan dicapai bila markas mereka berhasil dikalahkan. Gaya grafis yang diusung dalam permainan ini adalah piksel berpadu dengan gaya anime sewaktu layar briefing.

Manajer Operasional Toge Production, Jonathan Manuel Gunawan, menjelaskan bahwa penggunaan gaya visual ala piksel dipakai berdasarkan respon positif atas game Toge sebelumnya yang menggunakan gaya yang sama.

Untuk kali ini, mereka menggabungkan gaya piksel yang kotak-kotak dengan gaya anime yang tegas dan detail.

Insentif untuk bermain ulang di game ini sangat tinggi karena mata uang dalam permainan ini adalah medal yang didapatkan bila melaksanakan syarat tertentu seperti menang dalam waktu tertentu, hanya menggunakan unit tertentu selama permainan, dan sebagainya.

Untuk mendapatkannya tidak bisa dilakukan dalam sekali jalan tapi melalui tiga tingkatan kesulitan. Medali tersebut bisa dipergunakan untuk meningkatkan daya serangan, pertahanan, maupun fitur lainnya.

Keberatan

Permainan ini mengambil setting waktu tahun 1944 sewaktu negara-negara poros sudah terdesak oleh negara sekutu, mereka menemukan artefak kuno yang memiliki kekuatan besar.

Mereka pun berhasil memanfaatkannya dan berhasil mengubah keadaan berkat pasukan yang mengeluarkan sihir serta robot besar. Inilah sejarah alternatif yang ditawarkan Toge kepada para pemain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com