Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakultas Farmasi UI Kerja Sama dengan Deltomed Laboratories

Kompas.com - 26/03/2012, 15:03 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com — Fakultas Farmasi Universitas Indonesia melakukan penandatanganan kerja sama dengan PT Deltomed Laboratories untuk program praktik kerja lapangan bagi mahasiswa S-2 di bidang teknologi pengolahan herbal terstandar cara pembuatan obat tradisional yang baik (CPOTB).

Dalam siaran pers yang dikirimkan ke Kompas.com disebutkan kerja sama ini bertujuan untuk mendukung upaya pemerintah dalam melakukan standardisasi pengolahan produk obat herbal sesuai ketentuan CPOTB, melalui edukasi dan sosialisasi penerapan teknologi modern pengolahan herbal yang dilakukan oleh dunia usaha di Indonesia saat ini, khususnya yang diterapkan oleh Deltomed.  

Kerja sama tersebut merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Deltomed di bidang pendidikan. Melalui penandatanganan MOU ini, Deltomed menyatakan tekadnya untuk mendukung usaha pemerintah dalam menyosialisasikan dan meningkatkan penggunaan obat herbal terstandar Indonesia melalui dunia pendidikan.

Profesor Yahdiana Harahap, Kepala Departemen Farmasi Universitas Indonesia, mengatakan, pengetahuan akan pengolahan obat herbal terstandar yang saat ini dilakukan oleh dunia usaha adalah hal yang penting.  "Melalui kerja sama dengan Deltomed, kami berharap mahasiswa kami mendapatkan pengalaman dan pengetahuan langsung dari pelaku industri herbal yang yang bersertifikat CPOTB,” katanya.

Efektivitas obat herbal ditentukan oleh proses produksi bahan baku herbal yang dilakukan dengan baik dan benar sesuai standar CPOTB agar khasiatnya dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Kunci dari pembuatan obat herbal berstandar terletak pada keakuratan proses ekstraksi bahan aktif herbal yang mampu mempertahankan khasiat dari bahan baku herbal yang digunakan, dan proses ekstraksi yang tepat dan benar terletak pada teknologi pengolahan yang digunakan.

Menurut Nyoto Wardoyo, Presiden Direktur Deltomed, kerja sama dengan para praktisi herbal dari UI ini diharapkan dapat membantu meningkatkan posisi obat herbal Indonesia di ranah pengobatan dalam negeri dan juga internasional.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com