Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Kirim Mobil Listrik ke Lomba Shell

Kompas.com - 26/03/2012, 15:03 WIB
AW Subarkah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Indonesia mengirimkan mobil listrik karya mahasiswa Fakultas Teknik UI ke lomba Shell Eco-Marathon (SEM) Asia. Dalam lomba yang berlangsung Juli 2012 di Sirkuit Sepang Malaysia, UI menurunkan tiga tim.

Mahasiswa yang terlibat dalam pembuatan ketiga mobil ini gabungan dari berbagai jurusan, antara lain jurusan mesin, metalurgi, industri, sipil dan Fakultas Ilmu Sosial. Tim yang akan membawa ketiga kendaraan ini adalah Tim Nakoela, Sadewa, dan Arjuna.

Dalam mobil listrik yang baru, UI memodifikasi kendaraan Keris. Keris pada modifikasi ini sudah pada versi V.4. Kendaraan yang menggunakan baterai Lithium ini akan dibawa tim Arjuna. Diharapkan mobil listrik yang bisa berjalan 350 km/jam ini bisa menjadi prototipe kendaraan listrik di Indonesia.

"Dalam waktu dekat kami juga akan memproduksi mobil listrik untuk lingkungan kampus," kata Prof Gumilar Soemantri, Rektor UI dalam peluncuran mobil yang akan diikutkan lomba.

Urban Concept

Sementara itu, Tim Sadewa menggunakan kendaraan hasil penyempurnaan model Kalabia yang dilombakan tahun lalu. Kalabia Evo-e dibuat untuk kategori Urban Concept dengan mesin injeksi berbahan bakar bensin.

Sedangkan tim Nakoela dengan kendaraan Keris V.3. Kendaraan prototipe ini ditargetkan mampu berjalan 1.000 km per liter bahan bakar.

Lomba tahun ini akan diikuti delapan perguruan tinggi yang masing-masing menurunkan tiga tim.

Selain ITS (Institut Teknologi Sepuluh November) Surabaya yang dua kali menjuarai kategori Urban Concept dua kal berurutan, akan ikut juga tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Politeknik Negeri Pontianak, Universitas Pendidikan Indonesia, Politeknik Manufaktur Indonesia, Politeknik Negeri Jakarta, dan Universitas Sumatera Utara (USU).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com