Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SPP Terus Naik, Mahasiswa ITATS Demo

Kompas.com - 26/03/2012, 15:37 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Puluhan mahasiswa Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS) menggelar unjuk rasa di halaman kampus untuk menuntut transparansi biaya pendidikan, Senin (26/3/2012). Mereka mendesak pihak rektorat untuk memberikan transparansi kepada mahasiswa perihal kenaikan SPP yang berlangsung beberapa kali sejak 2010.

Juru bicara aksi, Firdaus Mutaqi mengatakan, kenaikan SPP tersebut berlaku untuk mahasiswa angkatan 2010. Dari nilai Rp 275.000, naik menjadi Rp 375.000, hingga Rp 400.000, dan kini mencapai Rp 500.000 setiap semester. ''Namun kenaikan SPP tidak dibarengi dengan meningkatnya layanan dan fasilitas pendidikan bagi mahasiswa,'' kata Firdaus.

Beberapa kali perwakilan mahasiswa menanyakan kenaikan SPP itu ke pihak rektorat, namun penjelasan yang diterima tidak pernah memuaskan. ''Rektorat selalu mengatakan bahwa yang memiliki wewenang adalah pihak yayasan,'' ungkapnya.

Dalam aksinya, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam solidaritas mahasiswa ITATS tersebut menggelar aksi teatrikal yang menggambarkan betapa lalimnya kebijakan yayasan.

Aksi teatrikal itu menggambarkan pihak rektorat dan dosen yang hanya bisa tertunduk pasrah dengan semua kebijakan yg dibuat yayasan, sementara mahasiswa meronta ronta demi tercapainya tuntutan perbaikan fasilitas belajar.

Selain menuntut transparansi kenaikan SPP, mahasiswa juga menuntut peningkatan kualitas dosen, penataan birokrasi kampus, dan akreditasi beberapa jurusan yang hingga kini belum terealisasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com