Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Save UI" Akan Kembali Datangi KPK

Kompas.com - 28/03/2012, 14:50 WIB
Icha Rastika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah pengajar Universitas Indonesia dan aktivis yang tergabung dalam gerakan "Save UI" berencana kembali menyambangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Rabu (28/3/2012).

Mereka akan mempertanyakan perkembangan pengusutan dugaan korupsi sejumlah proyek pembangunan di UI. "Hari ini rencananya kami akan menanyakan kepada pihak KPK, bagaimana perkembangan laporan korupsi di UI yang pernah kami sampaikan," kata dosen Fakultas Ekonomi UI, Taufik Baharuddin, saat dihubungi wartawan, Rabu (28/3/2012).

Juru Bicara KPK Johan Budi membenarkan rencana kedatangan Save UI itu. "Nanti sore ada pertemuan antara pimpinan KPK dengan dosen-dosen UI," kata Johan. Menurutnya, kedatangan mereka juga terkait laporan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) soal aset UI dan dugaan penyalahgunaan dana yang pernah dilaporkan gerakan Save UI ke KPK.

"Mungkin soal pembangunan lapangan golf di lingkungan kampus UI Depok," ucap Johan.

November lalu, Save UI melaporkan Rektor Universitas Indonesia Gumilar Rusliwa Somantri ke KPK. Mereka menduga adanya penyelewengan dana operasional UI yang dilakukan pihak rektorat. Save UI juga menduga, ada indikasi korupsi pada sejumlah proyek pembangunan fasilitas UI, antara lain, gedung perpustakaan dan pengadaan peralatan laboratorium data center. Dalam berbagai kesempatan, Gumilar Rusliwa Somantri membantah adanya penyelewengan terkait proyek-proyek di UI.

KPK tengah mendalami indikasi korupsi terkait berbagai proyek di UI ini. KPK telah meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan audit khusus terkait hal tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com