Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Bersikeras, Rekreasi Masuk "Masterplan" UI

Kompas.com - 29/03/2012, 17:39 WIB
Indra Akuntono

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Pihak Universitas Indonesia (UI) menilai, masterplan pembangunan kampus UI Depok tidak hanya mengedepankan pengembangan segala sarana pendukung fasilitas akademik. Di wilayah itu juga akan disediakan khusus areal rekreasi yang terbuka untuk masyarakat.

Juru bicara UI Siane Indriani mengatakan, pengadaan sarana rekreasi untuk masyarakat merupakan bagian dari visi masterplan UI yang juga ingin berintegrasi dengan wilayah sekitar.

"Nantinya, fasilitas ini juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Soal bayar atau tidak, itu belum diatur," kata Siane, Kamis (29/3/2012), di Kampus UI, Depok.

Seperti diberitakan, masterplan pembangunan UI dibagi dalam beberapa klasifikasi. Yakni, areal pendidikan, komersialisasi, hunian, lahan olahraga, rekreasi dan lahan resapan. Ke depan, UI akan memiliki areal untuk berlatih golf, dan kolam renang berkelas olimpiade. Fasilitas-fasilitas seperti itulah yang nantinya dapat dimanfaatkan sebagai lokai berekreasi.

"Bukan hanya tersedia ajang untuk publikasi hasil riset antar fakultas. Tapi, ada areal yang termasuk kawasan wisata," ujarnya.

Sebelumnya, pihak juga UI menampik membuka lahan untuk areal rekreasi itu, yang salah satunya adalah driving range, dengan cara membabat hutan secara diam-diam. Mereka berkilah, semua pembangunan telah masuk dalam rencana besar pembangunan UI dan telah mendapat persetujuan pemerintah. Saat ini, pembangunan itu sudah hampir selesai. Pada April 2012, beberapa fasilitas siap digunakan dalam olimpiade antar-universitas. Pada ajang tersebut, UI menjadi tuan rumahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com