Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Intregated Faculty Club", Sarana Rekreasi UI

Kompas.com - 29/03/2012, 18:18 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com -  Kawasan Integrated Faculty Club (IFC) seluas 6.707 meter persegi rencananya akan menjadi tempat rekreasi di Kampus Universitas Indonesia di Depok. Kawasan ini dilengkapi dengan fasilitas lapangan tenis, driving range, lapangan futsal, kolam renang standar internasional, ruang seminar multimedia, dan auditorium.

Seluruh area ini terbagi menjadi empat kawasan antara lain area komersial, area olah raga, pertemuan, dan poliklinik. Tidak hanya mahasiswa, semua fasilitas ini dapat diakses oleh masyarakat secara luas.

Apakah untuk menikmati fasilitas di area ini harus membayar? "Soal ini saya tidak tahu. Belum ada pembicaraan mengenai hal ini," kata Kepala Kantor Komunikasi UI Siane Indriani, Kamis (29/3/2012) di Depok.

Rencana pembangunan kawasan ini sudah dilakukan sejak tahun 1997. Adapun dana pembangunan IFC diperoleh dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan setelah mengajukan proposal bantuan dana. Siane juga menjelaskan bahwa dana pembangunan IFC tidak berasal dari dana biaya operasional pendidikan (BOP) mahasiswa.

Pembangunan IFC dilakukan juga dalam rangka penyelenggaraan Biennal Intervarsity Games (BIG) yang digelar Juli 2012 ini. BIG merupakan kompetisi olah raga antar perguruan tinggi se Asia Pasifik di mana UI menjadi tuan rumah.

Siane membenarkan dalam proses pembangunan IFC terpaksa menebang pohon akasia dan pohon sengon di lokasi.

Pertimbangan penebangan pohon tersebut salah satunya dilakukan karena kondisinya sudah rapuh, mudah roboh, dan serbuk sarinya mengganggu pernapasan manusia. Adapun pohon yang ditebang diganti dengan pohon trembesi, mahoni, ebony, tembesu buaya, dan beberapa jenis pohon lainnya.

"Kami berharap sarana ini tidak hanya dapat dinikmati sivitas akademika UI, melainkan juga oleh masyarakat Jakarta, Depok, dan sekitarnya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com