Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Percaya Bocoran Kunci Jawaban UN

Kompas.com - 30/03/2012, 14:55 WIB

Kompas.com - Kerahasiaan soal-soal ujian nasional akan dijamin dengan baik sehingga para siswa calon peserta UN diminta tidak mudah percaya pada orang yang menawarkan kunci jawaban UN 2012.

"Pengawalannya sangat ketat, jadi kami yakin soal yang di cetak di pusat tidak akan bocor sebelum ujian dilaksanakan, sehingga jika ada orang yang menawarkan kunci jawaban soal UN, itu sama sekali tidak benar," tegas Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel Abdullah Djabbar di Makassar, Kamis.
       
Ia menjamin kerahasiaan karena pihaknya bersama kepolisian memperketat pengawalan distribusi soal hingga tiba di lokasi pelaksanaan ujian di 24 kabupaten dan kota se-Sulawesi Selatan. Selain dengan kepolisian, pihaknya juga telah bekerja sama dengan Universitas Hasanuddin untuk pengawasan soal.

"Tanggung jawab kami adalah setelah naskah dari pusat sampai provinsi termasuk pendistribusian soal. Setelah soal berada di kabupaten dan kota masing-masing menjadi tanggung jawab dinas pendidikan setempat.     

Naskah soal UN diharapkan tiba di tingkat provinsi satu minggu atau paling tidak lima hari sebelum pelaksanaan ujian pada 16-19 April 2012.  

Berdasarkan data, jumlah peserta UN Sulsel tahun ini mencapai 405.709 siswa. Terdiri atas siswa SD, sebanyak 164.529 peserta, SMP, 138.344 peserta dan  SMA mencapai 33.319 peserta. Jumlah peserta mengalami peningkatan dibandingkan penyelenggaraan tahun sebelumnya sebanyak 381.682 siswa.

Pihaknya juga mengharapkan kerja sama dari para orangtua siswa untuk memperhatikan kesiapan anak-anaknya menghadapi ujian.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com