Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemdikbud Lepas Tangan soal Materi "Istri Simpanan" di LKS

Kompas.com - 12/04/2012, 11:55 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Pusat Kurikulum dan Buku Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Puskurbuk Kemdikbud) Diah Hariyanti mengaku tidak tahu-menahu perihal adanya lembar kerja siswa sekolah dasar yang memuat materi tentang "istri simpanan". Ia menegaskan, hal itu merupakan tanggung jawab internal sekolah. 

Diah mengatakan, pemerintah pusat tidak pernah menganjurkan setiap sekolah memberikan lembar kerja siswa (LKS) kepada para siswanya.

"Wah, saya tidak tahu. Itu bukan tanggung jawab kami karena LKS diedarkan tanpa harus melewati seleksi Puskurbuk," kata Diah kepada Kompas.com, Kamis (12/4/2012) di Jakarta.

Diah menjelaskan, Puskurbuk hanya melakukan seleksi buku teks pelajaran dan buku nonteks pelajaran. Itulah sebabnya, lanjut dia, LKS kemudian tidak perlu mendapatkan "restu" Puskurbuk karena sifatnya hanya sebagai pengayaan mata pelajaran di sekolah.

Menurut Diah, setiap sekolah seharusnya melakukan seleksi ulang terkait semua buku yang diedarkan di sekolahnya. Tidak hanya untuk LKS, tetapi juga untuk buku yang telah lolos seleksi Puskurbuk.

"Yang melalui Puskurbuk saja harus diseleksi, apalagi LKS yang tidak melalui kami. Itu supaya cocok dengan visi sekolah," ujarnya.

Sebagai informasi, LKS Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta (muatan lokal) yang diedarkan untuk siswa kelas II SD memuat materi tentang "istri simpanan", yaitu pada judul kisah 'Bang Maman dari Kali Pasir'. Materi yang terasa "janggal" untuk anak usia SD tersebut dimuat di halaman 30 dalam buku yang diterbitkan oleh PT MK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com