Rabu, 30 Juli 2014

News / Edukasi

Materi LKS "Istri Simpanan" Sesuai Kurikulum

Kamis, 12 April 2012 | 20:35 WIB

Berita terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Kasus cerita istri simpanan Bang Maman yang tercantum di lembar kerja siswa Ceria terus bergulir.

Kepala Pusat Penerangan Umum Lanud Halim Perdanakusuma Mayor Gerardus Maliti mengungkapkan, pihaknya tidak tahu-menahu materi tersebut bisa sampai di SD Angkasa IX yang di bawah naungan instansinya.

"Kami tidak tahu karena kami sebagai pengguna. Kalau urusan isinya, silakan cek ke percetakan dan penerbitnya langsung," ujarnya saat ditemui wartawan di halaman SD Angkasa IX, Jalan Gatotkaca Dirgantara II, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (12/4/2012).

Ia mengungkapkan, pihak yayasan memilih buku tersebut untuk menjadi bahan pelajaran muridnya karena telah sesuai dengan kurikulum tingkat sekolah dasar.

Namun, ia tidak tahu-menahu mengenai sistem pembelian lembar kerja siswa (LKS) Ceria tersebut, apakah dari dinas pendidikan atau penerbit CV Media Kreasi.

Ia mengungkapkan, selama ini belum mendapatkan pengaduan atau protes dari orangtua murid atau bahkan murid sendiri tentang isi LKS yang dianggap kurang relevan tersebut.

"Selama ini tidak ada. Makanya, saya baru tahu tadi. Kalau mau tanya isinya, silakan tanya kepada orangtua murid, jangan kami," lanjutnya.

Maliti mengatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi internal mengenai apakah LKS tersebut masih layak menjadi bahan pelajaran murid-muridnya atau tidak.

"Kami evaluasi lagi. Wajar atau tidak wajar, itu nanti akan kami beri tahu. Evaluasi nanti akan melibatkan guru dan yayasan," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, LKS Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta (muatan lokal) Ceria yang diedarkan untuk siswa kelas II SD memuat materi tentang istri simpanan, yaitu pada kisah berjudul "Bang Maman dari Kali Pasir".

Para orangtua menganggap materi tersebut tidak cocok diberikan kepada anak-anak karena berisi cerita untuk orang dewasa, seperti selingkuh, istri simpanan, dan perampok.

Materi yang terasa janggal untuk anak usia SD tersebut dimuat di halaman 30 buku yang diterbitkan oleh CV Media Kreasi, Sukoharjo.


Penulis: Fabian Januarius Kuwado
Editor : Tri Wahono