Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raih Nilai Tertinggi UN, Siswa Dapat Hadiah Tur

Kompas.com - 16/04/2012, 00:02 WIB

PONTIANAK, KOMPAS.com — Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menjanjikan untuk memberi penghargaan berupa tur pelatihan kewirausahaan ke pusat wirausaha di luar Kalimantan kepada lima siswa SMA/MA/SMK yang mendapat nilai tertinggi pada ujian nasional tahun ini di kabupaten tersebut.

"Untuk itu, kita harapkan hal ini bisa menjadi motivasi bagi siswa di Kubu Raya, Kalimantan Barat, untuk mendapatkan nilai tertinggi dalam ujian nasional (UN) nanti. Supaya dapat membangun pemikiran baru bagi siswa sekaligus bekal berharga bagi mereka setelah lulus dari SMA," kata Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Minggu (15/4/2012).

Dia menyatakan, saat ini tempat pelatihan wirausaha dan karakter tersebut memang belum ditetapkan karena pihaknya masih menjajaki tempat terbaik.

"Ada beberapa tempat pusat pelatihan wirausaha dan karakter yang sedang kita jajaki, makanya kita akan mencari yang terbaik. Yang jelas, lokasinya berada di luar Kalimantan agar selain memberikan pembelajaran dan pengalaman baru bagi siswa, juga bisa menjadi sarana refreshing bagi mereka," tuturnya.

Muda menjelaskan, jika tahun sebelumnya dia merangsang siswa agar mendapatkan nilai tertinggi dengan memberikan hadiah laptop, tahun ini pola tersebut sengaja diubah. Sebab, menurutnya, jika hanya memberikan hadiah uang dan barang, maka dampaknya tidak akan terlalu besar.

Namun, lanjut dia, dengan adanya pelatihan itu akan membangun pola pikir siswa agar lebih tangguh dan mampu mandiri. Ia berharap siswa itu akan menularkan apa yang didapatkannya kepada orang lain.

"Pelatihan kewirausahaan dan pendidikan karakter itu kita lakukan juga sesuai dengan program Pemkab Kubu Raya yang sudah membangun pendidikan kewirausahaan dari awal masa pemerintahan Kubu Raya. Dengan hal ini, program tersebut akan terus kita matangkan," katanya.

Muda menambahkan, dari hasil UN tersebut, pintar saja tidak cukup, karena perlu pembangunan karakter dari siswa yang lulus dengan nilai tertinggi. Setidaknya, kata dia, hal itu menjadi motivasi bagi siswa lainnya yang akan menghadapi UN.

Mengenai upaya Pemkab Kubu Raya untuk menciptakan kejujuran siswa dalam UN, Muda menyatakan, hal itu sudah dilakukannya jauh hari sebelumnya.

"Selain pengetatan melalui sekolah, seluruh peserta yang akan mengikuti UN juga sudah kita tanamkan nilai-nilai kejujuran dan semangat kerja keras melalui kegiatan nonton bareng Negeri 5 Menara yang sarat dengan nilai-nilai pendidikan yang sangat baik untuk memotivasi anak," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com