Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

36 Siswi Polewali Pilih Menikah daripada Ujian

Kompas.com - 18/04/2012, 08:41 WIB
Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Meski sudah menempuh pendidikan selama hampir tiga tahun, tidak semua siswa SMA/ MA/ dan SMK di Polewali Mandar, Sulawesi Barat memilih tidak mengikuti Ujian Nasional yang diselenggarakan mulai Senin (16/4/2012).

Buktinya dari 4.711 peserta UN tingkat SMA di Polewali, 79 peserta ujian di antaranya tidak hadir. 43 peserta laki-laki memilih berhenti tanpa alasan dan laporan, sementara 36 siswi berhenti dan memilih menikah ketimbang ikut ujian untuk menyelesaikan pendidikannya.

Ketua Pelaksana UN Dinas pendidikan Polewali Mandar, Marsyawal menyebutkan 79 siswa dari 70 persen sekolah yang sudah melaporkan datanya ke Dinas Pendidikan setempat dipastikan tidak mengikuti ujian pada ujian awal tahun ini. Sebagian siswa terutama kaum laki-laki berhalangan hadir atau berhenti sekolah tanpa alasan jelas. Sementara 36 wanita berhenti karena memilih menikah ataui karena dijodohkan orang tuanya.

Meskipun demikian, kata Marsyawal, tingkat partisipasi peserta ujian tahun ini tergolong tinggi jika dibanding tahun sebelumnya. Marsyawal belum bisa memastikan apakah keseluruhan siswa yang tidak hadir ikut ujian nasional periode pertama dipastikan tidak lulus, karena ujian periode kedua masih akan berlangsung tiga pekan mendatang.

"Mereka yang tidak sempat ujian karena beragam alasan pada periode lalu bisa mengikuti ujian susulan yang akan digelar tiga pekan mendatang," ujar Marsayawal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com