Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal UN Dinilai Lebih Mudah Dibanding Try Out

Kompas.com - 19/04/2012, 16:58 WIB

Kompas.com -Soal-soal ujian nasional tahun 2012 dinilai para siswa tidak sesulit yang dibayangkan. Bahkan, sejumlah siswa SMA di Kota Semarang mengakui bahwa soal-soal dalam Ujian Nasional (UN) 2012 lebih mudah dibandingkan dengan soal uji coba (try out) UN.
    
"Kalau saya melihat sepertinya lebih mudah soal UN ini dibanding soal ’try out’," kata seorang siswi SMA Negeri 1 Semarang Arum Nur Hidayah di Semarang, Kamis.
    
Ditemui usai pelaksanaan UN hari terakhir (19/4) itu, ia mengaku lega karena UN sudah selesai, dan hampir seluruh mata ujian dinilainya relatif mudah, meski mata ujian Bahasa Inggris sedikit kesulitan.
    
Arum yang siswi kelas XII IPA 6 itu mengatakan, materi Bahasa Inggris yang dianggapnya sulit pada soal cerita dan uji mendengarkan, namun secara umum memang lebih susah soal Bahasa Inggris yang diujikan pada "try out".
    
Adam Fajari, siswa kelas XII IPA 6 SMA Negeri 1 Semarang pada kesempatan terpisah juga mengakui bahwa bobot soal UN memang lebih mudah dibandingkan dengan soal-soal "try out" sehingga tidak terlalu kesulitan saat mengerjakannya.
    
"Kalau dibanding soal ’try out’, soal UN memang lebih mudah. Dari semua pelajaran, menurut saya Fisika yang paling susah. Kalau Bahasa Inggris relatif mudah, tidak tahu dengan teman-teman lain," katanya.
    
Senada dengan itu, sejumlah siswa SMA Negeri 13 Semarang juga mengaku tidak kesulitan dalam mengerjakan soal-soal UN.
    
Seorang siswi kelas XIII IPA 3 sekolah itu, Lelita Sakina Sari mengaku, optimistis bisa lulus. Ia mengaku bersyukur bahwa tingkat kesulitan soal-soal UN tidak jauh berbeda dengan soal saat "try out" sehingga lebih siap dan optimistis, mengingat hampir semua materi yang dipelajarinya keluar dalam soal UN.
    
Kepala SMA Negeri 1 Semarang Bambang Nianto Mulyo mengatakan, pelaksanaan UN pada 2012 relatif lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya, karena tidak ditemukan kendala-kendala dalam pelaksanaannya.
    
"Untuk bobot soal, anak-anak memang mengakui kalau soal UN ini tingkat kesulitannya memang lebih mudah dibanding soal ’try out’ yang diadakan lima kali, sebagai persiapan siswa dalam menghadapi UN," katanya.
    
Bambang yang juga Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMA Kota Semarang itu mengakui, pihaknya sebagai salah satu penyelenggara "try out" memang membuat soal dengan tingkat kesulitan lebih di atas kisi-kisi soal UN.
    
"Ya kami sesuaikan soal ’try out’ dengan kisi-kisi soal UN, namun bobotnya memang kami buat lebih sulit. Dengan bobot soal pada ’try out’ yang lebih sulit, kami harap siswa lebih siap menghadapi UN," kata Bambang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com