Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memburu Kenikmatan di Jalan Sabang

Kompas.com - 20/04/2012, 02:02 WIB

Oleh Ansyor

Udara panas dan harus desak-desakan, belum lagi tiupan debu, di beberapa sudut malah harus bertetangga dengan parit-parit bau, tak membuat para pekerja kantor yang umumnya perlente untuk jajan di pinggir jalan.

Banyak sekali situs jajan seperti itu di Jakarta, salah satu yang populer adalah kawasan Sabang di Jakarta Pusat.

Bagi sebagian karyawan kantoran di Jakarta Pusat, kawasan Sabang menjadi salah satu lokasi favorit mereka, terutama selagi jam makan siang tiba.
 
Sebenarnya kawasan ini juga merupakan kawasan mukim penduduk, tapi sudah sejak lama lebih dikenal sebagai kawasan kuliner, termasuk para karyawan yang berkantor di sebundaran daerah Kebon Sirih, Jakarta Pusat, baik itu kantor swasta maupun kantor pemerintah.

Begitu jam makan siang tiba, bagai  dikomando, para pekerja kantoran itu ramai-ramai turun dari gedung-gedung pencakar langit.  Tujuan meraka adalah kawasan kuliner Sabang. 

Sabang diambil dari nama jalan tempo dulu, Jl. Sabang.  Kini namanya Jl. H. Agus Salim.  Jalan ini berawal di utara menyambung dari Jl. Medan Merdeka Selatan, dan berujung di selatan di Jl. Diponegoro.

Tapi di sepertiga panjang pertamalah yang paling disesaki tempat jajan, dari yang berbentuk lapak sampai restoran mewah.

Tak hanya karyawan tak berdasi yang makan di kawasan ini, eksekutif-eksekutif berdasi nan berpaikan rapi serta menebar aroma wangi pun ikut menikmati jajanan di kawasan ini.

Ketika ANTARA News ikut menikmati kuliner di kawasan ini, para karyawan berpakaian rapi nan wangi ini tanpa malu dan sungkan melahap makanannya di emperan kawasan Sabang.

Pembeli bisa memilih berbagai macam makanan. Ada nasi Padang, nasi goreng, ayam bakar, bakso, sate, dan apa saja, terserah selera pemakannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com