Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Delegasi AS Tertarik Program Kuliah Kerja Nyata UGM

Kompas.com - 20/04/2012, 14:24 WIB
Gandang Sajarwo

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Delegasi pendidikan tinggi Amerika Serikat mengunjungi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta untuk menjajaki kemungkinan kerjasama pendidikan. Selain UGM, rencananya delegasi tersebut juga akan bertemu dengan 15 perguruan tinggi Indonesia lainnya.

Brook Ross, Managing Director of Indonesia Education Partnership mengatakan bahwa Dewan Kerjasama Indonesia-Amerika untuk Kemitraan Pendidikan Tinggi (Indonesia-US Joint Council on Higher Education Partnership) saat ini telah mengandeng 13 perguruan tinggi di berbagai negara bagian di AS untuk bekerjasama dengan perguruan tinggi di Indonesia baik negeri maupun swasta.

"Kerjasama antar AS dan Indonesia itu bisa dalam bentuk pertukaran mahasiswa, penelitian bersama dan lainnya," kata Brook, Jumat ( 20/4/2012 )

Rektor UGM,  Prof.Sudjarwadi,  menyatakan mengapresiasi kunjungan delegasi tersebut dan menawarkan sejumlah program unggulan yang bisa diikuti oleh mahasiwa dari perguruan tinggi asing. Program tersebut antara lain program pemberdayaan masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan International Students Summer Program atau yang dikenal dengan DREAM.

Salah satu anggota delegasi AS, Joanna Reguiska dari Rutgers University menyatakan tertarik untuk bekerjasama dalam program pemberdayaan masyarakat melalui KKN yang dikembangkan oleh UGM.

"Program ini sangat menarik, karena akan memberi kesempatan mahasiswa Amerika untuk mengetahui kehidupan dan budaya masarakat Indonesia dari dekat. Kami akan mendorong para mahasiswa untuk bergabung mengikuti KKN UGM," kata Joanna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com