Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Kukuhkan Dua Guru Besar

Kompas.com - 21/04/2012, 10:33 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

DEPOIK, KOMPAS.com - Universitas Indonesia kembali mengukuhkan dua guru besar di Kampus UI Depok, Sabtu (21/4/2012). Hadir dalam acara pengukuhan Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring

Kedua guru besar UI yang dikukuhkan adalah Risqa Rina Darwita sebagai profesor bidang ilmu kedokteran gigi pencegahan serta Zainal Arifin Hasibuan sebagai profesor bidang ilmu komputer. Upacara pengukuhan dipimpin Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri.

Dalam upacara pengukuhannya, Risqa menyampaikan pidato berjudul Pemberdayaan Kader Pos Yandu dalam Menurunkan Resiko Keparahan Karies Gigi Susu. Menurut Rizqa, keparahan karies gigi susu berdampak pada buruknya penyerapan zat gizi seorang balita. Edukasi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini salah satunya melalui pemberdayaan ibu-ibu sebagai kader kesehatan di pos yandu.

Adapun Zainal menyampaikan pidato berjudul Pemanfaatan Bersama Sumber Daya Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan Terbuka. Zainal menyampaikan solusi terhadap permasalahan kuantitas dan kualitas dalam bidang pendidikan Indonesia melalui pengadopsian pembelajaran berbasis TIK.

Zainal dan rekan-rekan berhasil membangun sebuah teknologi perpustakaan digital yaitu LONTAR atau library automation and digital archive. LONTAR merupakan portal perpustakaan virtual dengan fasilitas mesin penelusuran informasi dan memuat beragam karya ilmiah para peneliti yang bisa diakses masyarakat. 
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com