Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendiknas: Kebocoran Soal UN Hanya Sebatas Persepsi

Kompas.com - 21/04/2012, 19:07 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan Nasional, Muhammad Nuh memastikan tidak ada kebocoran soal pada pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun ini. Keyakinannya itu karena tidak ada fakta di lapangan yang membuktikan ada kebocoran kunci jawaban. Menurutnya, kebocoran soal hanyalah isu dan masih bersifat persepsi, karena setelah dikroscek oleh tim, ternyata itu tidak benar.

''Bahkan setelah kami temukan kunci jawaban, dan kami sesuaikan dengan soal dan kunci jawaban yang asli, ternyata tidak benar,'' katanya, Sabtu (21/4/2012) sore di Surabaya.

Selama UN berlangsung sejak 13 April 2012 lalu, pihaknya melalui Pengaduan UN 2012 memang menerima 73 laporan terkait menyebarnya kunci jawaban palsu, namun setelah dikroscek oleh tim memang benar-benar nihil. Semua pihak kata Nuh boleh untuk mengutarakan persepsi, namun pihaknya bekerja tidak berdasarkan persepsi, tapi data faktual di lapangan.

''Kami hanya dapat mengimbau siswa yang akan melakukan UN tidak terperangkap pada persepsi tentang kebocoran soal, siswa harus tetap percaya diri dan belajar dalam menghadapi UN,'' tambahnya.

Isu kebocoran kunci jawaban UN meluas sehari sebelum pelaksanaan UN tingkat SMU digelar pada 16 April 2012 lalu. Kunci jawaban yang banyak beredar lewat SMS itu dijual seharga Rp 6 juta hingg Rp 7,5 juta per mata pelajaran. Namun Kementerian Pendidikan melibatkan pihak kepolisian untuk menelusuri isu kunci jawaban yang diduga palsu itu.

''Bahkan kalau perlu, penyelidikan akan melibatkan pihak provider untuk mengetahui identitas pengirim pesan dan isi pesan yang dikirim kepada siswa yang membeli kunci jawaban itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com