Jumat, 25 April 2014

News / Edukasi

SMK Bagimu Negeriku Mendidik Siswa Miskin

Sabtu, 21 April 2012 | 19:39 WIB

Baca juga

SEMARANG, KOMPAS.com - Tujuan mendidikan SMK Bagimu Negeriku, mendidik anak-anak dari keluarga tidak mampu supaya terampil dan bisa bekerja. Siswa belajar secara murah dan tanpa dipungut biaya.

Hal itu dikemukakan pengampu SMK Bagimu Negeriku, Pdt Elizabeth Philip, Sabtu (21/4/2012) di sela mendampingi Menko Kesra, Agung Laksono meresmikan SMK yang dikelola dibawah Yayasan Perhimpunan Bagimu Negeriku, Semarang, Jawa Tengah.

Elizabeth mengatakan, para siswa berasal dari sejumlah daerah di Indonesia. Prinsip sekolah ini menerima siswa kurang mampu, tanpa mengenal suku, golongan maupun agama. Saat ini terdapat sekitar 200 siswa tengah belajar, termasuk siswa dari Maluku, Manado, Papua dan Jawa.

Kenapa sekolah yang megah ini tidak memunggut biaya pendidikan dari orangtua, kata Elizabeth, hal itu karena sekolah ini dibiayai oleh para donatur dari berbagai kalangan yang peduli terhadap pengembangan sumver daya manusia yang terampil.

Sekolah yang dibangun di atas lahan eks kebun, seluas 2 hektar, juga bekerja sama dengan sejumlah industri dalam pengembangan kurikulum pendidikannya.

SMK Bagimu Negeriku memiliki 5 program pendidikan, meliputi keahlian teknik kendaraan ringan, teknik multi media, teknik rekayasa perangkat lunak, teknik konstruksi batu beton, serta Jasa boga.


Penulis: Winarto Herusansono
Editor : Robert Adhi Ksp