Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robot Unikom Raih Tiga Medali Emas di California

Kompas.com - 24/04/2012, 20:38 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Tim robotika dari Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung, Jawa Barat kembali meraih penghargaan dalam kontes robot di Amerika Serikat (AS).

Tidak tanggung-tanggung, tiga medali emas diborong dalam kontes robot Robogames 2012 yang dilangsungkan di San Mateo, California, Amerika Serikat, 20-22 April 2012.

Tiga kategori yang dijuarai oleh tim dari Unikom adalah Shooting Gallery, Walker Challenge, dan Ribbon Climber.

Dengan kemenangan tersebut, berarti tim robot dari Unikom membawa pulang lima medali emas dan satu medali perak bila ditambah pencapaian sebelumnya di kontes Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest and Robo Waiter di Hartford, Connecticut.

Di sana, mereka mendapatkan dua medali emas dari kategori robo waiter entry level dan advanced level ditambah satu medali perak untuk advanced level.

"Unikom memperbaiki prestasi tahun lalu dengan perolehan 4 medali emas dan 1 medali perak di tahun 2011 dari dua kontes tersebut," kata Rektor Unikom, Eddy Soeryanto Soegoto, di Bandung, Selasa (24/4/2012).

Unikom sudah berkiprah secara internasional dalam empat tahun berturut-turut sejak tahun 2009. Kemenangan tersebut diakuinya menjadi modal berharga untuk pengembangan ilmu robotika di perguruan tinggi itu.

Selain Unikom, Tim Robotika Universitas Gadjah Mada (UGM) juga mendapat dua medali di ajang Robogames 2012. UGM mendapat 2 emas fdan 1 perak sehingga perwakilan dari Indonesia membawa pulang enam medali, yakni lima medali emas dan satu medali perak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com