Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Robot UGM Juara I KRI-KRCI Regional III 2012

Kompas.com - 29/04/2012, 23:45 WIB
Gandang Sajarwo

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tim robot UGM meraih sukses besar dalam kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Regional III tahun 2012 yang digelar di Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Tidak tanggung-tanggung, semua robot UGM berhasil menjadi juara 1 pada semua kategori yang dilombakan, yaitu KRI, KRCI Beroda, KRCI Berkaki, dan KRCI Humanoid Soccer.

Untuk KRI, robot Jump Ace pada babak final mengalahkan robot Maestro-Evo dari UNY. Sementara robot Armada menjadi juara 1 pada kategori KRCI Beroda, robot 1-DA juara 1 kategori KRCI Berkaki, dan robot Alfarobi menjadi juara 1 pada kategori KRCI Hummanoid Soccer.

Tidak hanya itu, robot Jump Ace juga keluar sebagai the best algoritma untuk kategori KRI. Dan, untuk kategori KRCI robot Armada juga berhasil menyandang gelar the best algoritma.

Sukses besar tim robot UGM ini tidak terlepas peran Sidiq Setya, mahasiswa Jurusan Teknik Mesin dan Industri angkatan 2009. Sidiq selaku driver sangat lincah dan cekatan mengendarai robot Jump Ace, melewati jalur, memasang hingga memasukan beberapa balok buatan.

"Awalnya kita sempat grogi mas ,tapi sebenarnya kunci kemenangan adalah kemampuan adaptasi robot pada lapangan. Dan kita cukup beruntung ketika final mendapatkan lapangan yang sama pada saat semi final sehingga robot tidak perlu banyak beradaptasi," kata Sidiq Minggu (29/4/2012).

Sementara itu Ketua Tim Robot UGM, Damar Satrio Guntoro mengatakan secara garis besar semua robot UGM tidak banyak menemui kendala dalam kompetisi itu.

Hambatan yang sempat muncul adalah adanya beberapa komponen robot yang rusak sebelum tanding dan beberapa robot yang overweight sehingga harus segera dikurangi bobotnya.

"Robot-robot yang rusak segera kita perbaiki, dan yang overweight juga segera kita kurangi bobotnya," kata Damar.

Secara keseluruhan hasil KRI dan KRCI Regional III, yaitu KRI: Juara 1 UGM disusul UNY, Unisula, UNDIP. KRCI Beroda: Juara 1 UGM, Unika Soegijapranata, dan UNY. KRCI Berkaki: Juara 1 UGM sedangkan juara kedua dan ketiga tidak ada.

Untuk KRCI Humanoid Soccer: Juara 1 UGM, disusul UII, UKSW Salatiga, dan Politeknik Negeri Semarang. KRI dan KRCI Regional III diikuti oleh 22 PTN/PTS di DIY-Jawa Tengah, berlangsung tanggal 27-28 April 2012 di Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com