Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Kuda Siap Mengantar Wisatawan di Yogyakarta

Kompas.com - 02/05/2012, 20:57 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Royal Ambarrukmo Yogyakarta menawarkan pengalaman baru kepada tamu yang menginap. Pihak hotel menyediakan kereta kuda ala Kraton Yogyakarta untuk tamu yang ingin mengunjungi pusat perbelanjaan Ambarrukmo Plaza dan bangunan cagar budaya kompleks Kedaton Ambarrukmo.

Siaran pers Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Rabu (2/5/2012) menyebutkan, inovasi layanan baru dinamakan “Royal Cart Journey”. Royal Ambarrukmo akan mengantarkan para tamu yang ingin menikmati dan menjelajahi kompleks Ambarrumo dengan kereta kuda ala kraton layaknya bangsawan zaman dulu. Selain itu menyuguhkan hiburan eksklusif sekaligus wisata sejarah dan budaya di lokasi yang merupakan salah satu  landmark bersejarah di kota Yogyakarta.

Para tamu hotel akan berangkat dari depan lobi hotel menggunakan kereta kuda, kemudian dibawa melewati kompleks bangunan cagar budaya, Kedaton Ambarrukmo yang berlokasi disamping hotel.

Melewati area depan Kedaton, para tamu akan menikmati cerita sejarah berdirinya Kedaton Ambarrukmo dan mengagumi arsitektur bangunan Kedaton yang sarat dengan nilai budaya dan filosofi Jawa.

Perjalanan dengan kereta kuda dilanjutkan menuju tujuan akhir yaitu Ambarrukmo Plaza Shopping Mall yang merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah.

"Kami ingin mengajak para tamu merasakan sensasi kemewahan bangsawan zaman dahulu sekaligus menikmati wisata budaya dan sejarah dengan mengeksplorasi kompleks Kedaton Ambarrukmo yang dibangun dari tahun 1857," kata Malika Hesty, Public Relation Royal Ambarrukmo Yogyakarta.

Kereta kuda yang merupakan koleksi dari GBPH Yudhaningrat ini menjadi simbol alat transportasi eksklusif Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat pada periode kejayaan Kedaton Ambarrukmo yang kala itu berfungsi sebagai kediaman raja dan tempat bertemunya dengan tamu-tamu kerajaan.

“Kami ingin membawa imajinasi para wisatawan kembali kepada masa kejayaan di waktu lampau melalui layanan Royal Cart Journey ini sehingga mereka bisa merasakan layaknya para tamu kerajaan pada kala itu," ujar Malika.

Kereta kuda yang dilengkapi dengan kusir yang berpakaian ala Kraton ini diberikan sebagai layanan tanpa biaya bagi para tamu yang menginap di Royal Ambarrukmo Yogyakarta.

Malika berharap dengan Royal Cart Journey ini bisa memberikan kesan kepada wisatawan bahwa Yogyakarta haruslah dinikmati dengan santai untuk bisa memahami setiap aspek yang ditawarkan oleh potensi pariwisata di Yogyakarta. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com