Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fonterra Dukung Peningkatan Kualitas PAUD

Kompas.com - 03/05/2012, 17:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Fonterra Brands Indonesia bersama dengan ChildFund Indonesia meneguhkan komitmennya dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di wilayah yang kurang beruntung lewat program ENHANCE (Ensuring Nutrition, Health, and Children's Education). Program ini sudah berjalan di DKI Jakarta, Semarang, Banyumas, Boyolali, dan Wonogiri.

Menurut Vera Makki, corporate affairs manager Fonterra, program ENHANCE merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility/CSR. Sejak dimulai sejak Agustus 2011, program ini telah membantu 413 anak di tujuh desa yang terdapat di dua provinsi.

"Program ENHANCE sebenarnya adalah inisiasi regional, jadi bukan hanya di Indonesia, tapi juga Filipina dan Srilanka," katanya seusai acara peluncuran di Jakarta, Kamis (3/5/12).

Ia menambahkan, fokus dari ENHANCE adalah membantu mengembangkan keahlian dan kemampuan tenaga pengajar serta pembimbing PAUD. Kendati begitu program perbaikan gedung dan fasilitas pos PAUD juga dilakukan.

"Parameter kami adalah para tutor ini paham cara mendidik anak-anak tanpa berkesan memaksa. Selain guru kami juga menyasar para orangtua agar lebih paham pentingnya pendidikan usia dini dan cara pengasuhan yang baik," paparnya.

Sementara itu Sukiman, Kasubdit program dan evaluasi direktorat pembinaan PAUD, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, mengungkapkan saat ini terdapat 32 juta anak berusia dini sehingga diperlukan 2 juta guru.

"Idealnya memang guru atau pembimbing PAUD lulusan D4 atau S1, tetapi kalau kita mau menunggu sudah terlambat karena anak-anak itu perlu saat ini. Makanya secara bertahap kita tingkatkan kualifikasi pembimbing PAUD saat ini," katanya.

Peningkatan kualitas para pengajar PAUD, menurut Sukiman, bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tapi juga masyarakat dan pihak swasta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com