Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uncen Akan Buka Pendaftaran SNMPTN di Timika

Kompas.com - 04/05/2012, 15:40 WIB

TIMIKA, KOMPAS.com - Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura akan membuka pendaftaran sekaligus Seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN) di Timika.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mimika, Mohammad Tahir di Timika, Jumat mengatakan panitia SMPTN Uncen akan datang ke Timika tanggal 10 Mei.

Para tamatan SMA dan SMK yang berminat melanjutkan kuliah ke Uncen, tidak perlu lagi pergi ke Jayapura untuk mendaftarkan diri dan mengikuti SMPTN di Jayapura.

"Kami sudah bertemu dengan ketua panitia SMPTN Uncen. Mereka akan datang ke Timika untuk lakukan seleksidi Timika," jelas Tahir, Jumat (4/5/2012).

Kepala Dinas Dikbud Mimika, Ausilius You mengatakan pihaknya akan mengundang penyelenggara SMPTN untuk melakukan seleksi para tamatan SMA dan SMK di Mimika. SMPTN akan digelar tanggal 10 Mei. Ironisnya, pengumuman kelulusan SMA dan SMK baru dilakukan tanggal 26 Mei.

Ausilius You mengatakan, kebijakan untuk menggelar SMPTN di Timika sangat membantu para lulusan SMA dan SMK setempat karena mereka tidak perlu membuang-buang biaya pergi ke kota-kota besar dimana terdapat Perguruan Tinggi Negeri untuk mengikuti SMPTN.

Ia mengimbau para siswa yang telah mengikuti Ujian Nasional tingkat SMA dan SMK agar mempersiapkan diri mengikuti SMPTN sehingga semakin banyak lulusan SMA dan SMK di Mimika bisa melanjutkan perkuliahan di Perguruan Tinggi Negeri.

Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia sesuai hasil kesepakatan Pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia.

Sementara itu SMA Negeri 2 Timika akan mempersiapkan 99 siswa kelas III yang baru saja menyelesaikan UN untuk mengikuti SMPTN di Timika.

"Kami akan arahkan siswa kami untuk mengikuti SMPTN di Timika. Kami menargetkan 75 persen dari peserta UN tahun ini bisa lulus SMPTN," kata Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Timika, Abdul Said.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com