Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unsoed Ikuti Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Nasional

Kompas.com - 07/05/2012, 13:08 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

PURWOKERTO, KOMPAS.com — Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, akan mengikuti National University Debating Championship yang akan diselenggarakan pada bulan Juni 2012 di Jakarta.

Tim Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) maju dalam ajang bergengsi tersebut setelah delegasi mereka meraih juara harapan 1 dalam ajang Lomba Debat Bahasa Inggris National University Debating Championship yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikti Kemendikbud).

Humas Keluarga Alumni Unsoed Alif Einstein, Senin (7/5/2012), mengatakan, ajang debat tersebut diikuti 96 peserta dari 32 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Jawa Tengah.

"Lomba ini merupakan acara tahunan Ditjen Dikti Kemendikbud dalam rangka peningkatan kemampuan akademik dan wawasan mahasiswa Indonesia. Kami bangga nama Unsoed semakin menunjukkan kapasitasnya dalam berbagai ajang kompetisi," ujarnya.

Perlombaan ini diselenggarakan tanggal 1-3 Mei 2012 di Salatiga, Jawa Tengah. Adapun sebagai pelaksana lomba untuk Wilayah VI Jawa Tengah adalah Kopertis Wilayah VI.

Menurut Alif, Unsoed diwakili oleh Titis Panularsih, mahasiswi Fakultas Ekonomi, dan Muhammad Zainul Wafa, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, sebagai juru debater serta Atrih Lumawati, mahasisiwi Fakultas Kedokteran dan Ilmu-ilmu Kesehatan, sebagai adjudicator.

Setelah melewati tiga babak penyisihan dan tiga babak eliminasi, Titis dan Wafa berhasil duduk di meja final berjajar dengan delegasi dari Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, serta Universitas Kristen Satya Wacana.

Sementara Atrih berhasil mencatatkan namanya sebagai salah satu juri terbaik dengan menjadi breaking adjudicator (juri). Pada babak grand final, tim Unsoed membawakan tema debat mengenai polemik hukuman mati pada teroris. Pada babak final tersebut, Unsoed berhasil meraih juara harapan 1.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com