Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ujian Tulis Bisa di Mana Saja...

Kompas.com - 08/05/2012, 13:55 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Para siswa yang akan mengikuti seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur ujian tulis tahun ini tak perlu terlalu repot. Pasalnya, selain pendaftaran dapat dilakukan secara online, SNMPTN jalur ujian tulis juga digelar secara serentak di semua provinsi.

Sekretaris SNMPTN 2012, Rochmat Wahab, mengatakan bahwa semua siswa dapat mengikuti SNMPTN jalur ujian tulis dari daerah masing-masing. Hal itu dilakukan supaya ada efisiensi waktu dan biaya dari para siswa pendaftar.

"Siswa dari daerah tak perlu ke Jakarta atau Bandung jika ingin mendaftar di UI atau ITB. Semua bisa dilaksanakan dari daerah di mana siswa tersebut menetap karena yang menentukan adalah nilai, bukan daerah asal," kata Rochmat kepada Kompas.com, Selasa (8/5/2012).

Untuk diperhatikan, kata dia, sebelum melakukan pendaftaran secara online, para siswa diharuskan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 150.000 untuk kelompok IPS, dan Rp 175.000 untuk kelompok IPC (IPA + IPS) melalui Bank Mandiri. Setelah itu, setiap siswa akan mendapat nomor personal identification number (PIN) yang dapat digunakan ketika melakukan pendaftaran online melalui http://ujian.snmptn.ac.id.

"Saat mendaftar online, pastikan semuanya telah diisi dengan benar, termasuk untuk mencetak (print) kartu ujiannya, dengan kualitas baik. Ini agar tidak ada kesulitan saat nanti mengikuti ujian. Dalam kartu ujian akan ada identitas peserta, berikut lokasi ia akan melaksanakan ujian tulis," ujarnya.

Adapun untuk pelaksanaannya, SNMPTN jalur ujian tertulis akan digelar selama dua hari pada 12-13 Juni 2012. Hari pertama untuk tes potensi akademik (TPA) dan tes bidang studi dasar, sedangkan hari kedua untuk tes bidang studi (IPA dan IPS). Sebagai informasi, berikut merupakan laman dan akun resmi yang menyediakan segala informasi mengenai SNMPTN 2012, http://www.snmptn.ac.id, @2012snmptn (twitter), http://www.facebook.com/group/snmptn (facebook), http://halo.snmptn.ac.id, dan e-mail di panitia@snmptn.ac.id, dan call center 08041450450.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com