Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BSN Siapkan Dua Kampus Jenjang Strata Dua

Kompas.com - 11/05/2012, 06:39 WIB

Kuta, Kompas  — Badan Standardisasi Nasional belum memiliki tenaga profesional ataupun lembaga pendidikan di bidang standardisasi. Di tengah rendahnya kesadaran publik dalam negeri tentang pentingnya standardisasi kualitas produk, BSN menilai penting melahirkan tenaga profesional standardisasi melalui jalur formal.

Kepala BSN Pusat Bambang Setiadi mengatakan, pihaknya menyiapkan kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung dan Universitas Gadjah Mada untuk jenjang strata dua (S-2) khusus standardisasi. ”Selama ini, pendidikan standardisasi masih sebatas kurikulum pengantar di kampus-kampus. Tahun ini mudah-mudahan selesai,” katanya, seusai pembukaan The ICES Conference dan WCS Academic Day 2012 di Bali, Kamis (10/5/2012).

Menurut Bambang, pemberian kurikulum pengantar standardisasi di kampus-kampus masih kurang meski tetap membantu penyebaran informasi serta pemahaman kepada masyarakat. BSN terbangun 15 tahun dan telah memberi label standar untuk 7.000 produk jasa dan barang. Di negara maju, seperti Jerman, standardisasi diterapkan sekitar 100 tahun.

Di tempat yang sama, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Djoko Santoso menegaskan pentingnya pendidikan khusus standardisasi ini. Menurut dia, Indonesia bisa tertinggal jika tak segera memiliki tenaga ahli di bidang standardisasi ini.

Ia menilai mendesak untuk diupayakan adanya program S-2 di dua kampus tersebut sebagai langkah awal.

Kemarin, BSN menandatangani perjanjian kerja sama dengan Japanese Standards Association. (AYS)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com