Tim Universitas Sydney kunjungi Jakarta dan Makassar - Kompas.com

Tim Universitas Sydney kunjungi Jakarta dan Makassar

L Sastra Wijaya
Kompas.com - 13/05/2012, 20:32 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com- Sebuah tim dari Universitas Sydney (Usyd) yang dipimpin rektornya, Prof Marie Bashir, akan berkunjung ke Jakarta dan Makassar mulai hari Senin (14/5/2012) besok.

Kunjungan delegasi akademis tingkat tinggi ini dimaksudkan untuk lebih memperkuat hubungan dan kemitraan di bidang pendidikan dengan Indonesia dan negara-negara lain di Asia Tenggara.

Dalam kunjungan ini, Prof Bashir yang juga Gubernur Negara bagian New South Wales (NSW) akan disertai oleh pembantu rektor, dan dekan dari berbagai fakultas di Usyd, serta didampingi Konjen RI di Sydney, Gary Jusuf maupun Atase Pendidikan KBRI Aris Junaedi.

Dalam keterangan pers yang dikeluarkan KJRI Sydney, hari ini, rombongan akan bertemu dengan beberapa pihak, antara lain dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melakukan penandatanganan MOU dengan Dikti, Universitas Indonesia, dan Universitas Negeri Jakarta.

Selain itu, dalam kapasitasnya sebagai Gubernur NWS, Prof Bashir juga akan bertemu dengan Gubernur DKI Fauzi Bowo guna membicarakan peningkatan kerjasama sister-province state antara DKI Jakarta dan negara bagian NSW.

Kedua pihak sudah menandatangani kerjasama di tahun 1994 guna meningkatkan dan mengembangkan kerjasama yang efektif di bidang investasi, perdagangan, dan pembangunan ekonomi, pembangunan perkotaan, sistem informasi geografis, pendidikan dan pelatihan, pariwisata dan kebun binatang.

Koresponden Kompas di Australia. L. Sastra Wijaya melaporkan, kunjungan ini diharapkan dapat mengaktifkan kembali kerjasama yang selama ini mengalami kevakuman sejak tahun 2007.

Sedangkan di Makassar, delegasi akan melakukan pertemuan dengan pemda setempat dilanjutkan dengan kunjungan ke Universitas Hasanuddin untuk melakukan penandatanganan perjanjian antara Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas dan pertukaran pelajar antara Unhas dan Sydney Medical School.

Saat ini terdapat tiga proyek yang tergabung dalam Proyek Keamanan Pangan dan Lingkungan yang dilakukan oleh Usyd untuk meningkatkan mata pencarian para petani dan ketahanan pangan di Sulawesi. Antara lain usaha meningkatkan produksi cocoa dan budidaya perikanan, serta di bidang kesehatan mengenai TBC, penyakit jamur dan hepatitis.

Sebagian dari delegasi juga akan mengunjungi Universitas Gadjah Maha di Yogyakarta dan Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung. Delegasi akan melakukan pertemuan di UGM dan dirangkaikan dengan kegiatan workshop mengenai program HAM dan pembentukan konsorsium yang terdiri dari berbagai universitas di Indonesia untuk berkolaborasi dengan Usyd dalam soal Studi Pembangunan.

Universitas Sydney didirikan tahun 1850 dan saat ini menampung hampir 50.000 mahasiswa dan merupakan bagian dari Kelompok 8 universitas terbesar di Australia.

PenulisL Sastra Wijaya
EditorMarcus Suprihadi
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM