Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa FT-UGM Gelar Festival Kota Gajah Mada

Kompas.com - 14/05/2012, 06:40 WIB

YOGYAKARTA KOMPAS.com - Mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta akan menggelar Festival Kota Gadjah Mada atau Festagama 2012 di
Yogyakarta, 24-25 Mei 2012.

"Festagama 2012 merupakan sebuah kegiatan yang ditujukan untuk mengampanyekan kehidupan kota yang humanis dan baik bagi masyarakat," kata Ketua panitia penyelenggara Festagama 2012 Wildan di Yogyakarta, Senin (14/5/2012).

Menurut dia, kota berperan penting dalam mewadahi setiap aktivitas dan interaksi penduduk, serta kemampuannya untuk merangkul dan berlaku adil pada semua kalangan secara menyeluruh, baik dari aspek sosial, ekonomi maupun lingkungan hidup.

"Dengan semakin gencarnya kampanye tentang pembangunan berkelanjutan di berbagai belahan dunia, seolah menjadi angin segar yang mampu mematahkan paradigma pembangunan konvensional," katanya.

Ia mengatakan sejak manusia mengenal cara mengelola sumber daya alam dengan teknologi, menyebabkan dunia hanya berorientasi pada keuntungan ekonomi, sedangkan aspek sosial dan ekologi cenderung diabaikan.

"Fenomena itu membuat kondisi masyarakat, khususnya di perkotaan mengalami kegagalan dalam mewujudkan kehidupan yang manusiawi. Kenyataan ini mendorong kami menyelenggarakan Festagama," katanya.

Menurut dia, Festagama digelar sebagai bentuk pertanggungjawaban mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota atas kegiatan kuliah kerja perencanaan (KKP).

"Kegiatan itu juga merupakan bagian dari peringatan Dies Natalis ’the Golden 50th Age’ Jurusan Teknik Arsitektur dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM)," katanya.

Ia mengatakan kegiatan yang akan dilakukan antara lain "City Campaign" dengan membagikan selebaran dan poster tentang berbagai isu perkotaan kepada masyarakat.

Selain itu, juga akan dilakukan kegiatan yang menghimpun aspirasi masyarakat dan komunitas Kota Yogyakarta terhadap pembangunan yang dilakukan pemerintah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com