Pengamat: Kami Berharap MK Menghapus RSBI - Kompas.com

Pengamat: Kami Berharap MK Menghapus RSBI

Indra Akuntono
Kompas.com - 16/05/2012, 12:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Koalisi Masyarakat Anti Komersialisasi Pendidikan (KMAKP) berharap Mahkamah Konstitusi (MK) dapat membatalkan pasal mengenai rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI/SBI) yang tertuang dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas).

Alasannya, RSBI merupakan kesalahan besar dalam pembangunan pendidikan nasional dan tidak sejalan dengan pembukaan UUD 45, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Seperti diketahui, KMAKP selama beberapa bulan ini gencar menolak keberadaan RSBI. Penolakan itu tidak hanya ditunjukkan dengan aksi demonstrasi, tetapi juga sampai pada tahap mengajukan judicial review (uji materi) kepada Mahkamah Konstitusi (MK).

Pengamat pendidikan yang tergabung dalam KMAKP, Lody Paat, mengatakan, selama mengikuti sidang uji materi, pihaknya telah menghadirkan sejumlah saksi ahli untuk memberikan paparannya mengenai RSBI.

Menurut dia, RSBI harus dibubarkan karena sama sekali tidak berkorelasi dengan peningkatan mutu pendidikan itu sendiri. "Kami telah menghadirkan ahlinya dari para saksi ahli. Bahasa halusnya, kami berharap RSBI dibatalkan oleh MK," kata Lody Paat kepada Kompas.com, Rabu (16/5/2012), di Jakarta.

Dia menjelaskan, penolakan KMAKP pada RSBI dilandasi pemikiran tidak berkorelasinya peningkatan mutu pendidikan dengan keberadaan RSBI. Menurutnya, RSBI hanya menimbulkan kekacauan pada sistem pendidikan nasional karena melahirkan kesenjangan dan mengancam semangat nasionalisme para peserta didik.

"Menurut kami, RSBI memang tidak sesuai dengan pembukaan UUD 45 karena tidak mencerdaskan bangsa. Kualitasnya juga tidak sama dengan internasional, yang ada malah melahirkan kesenjangan kasta," ujarnya.

Seperti diberitakan, Selasa (15/5/2012), MK telah selesai menggelar sidang uji materi UU Sisdiknas tentang RSBI. Selanjutnya, putusan MK akan menentukan nasib dari evaluasi RSBI, apakah diteruskan, atau dibatalkan sesuai dengan gugatan dari pihak pemohon. Sampai berita ini diturunkan, belum ada informasi mengenai kapan MK akan menggelar sidang putusan mengenai RSBI tersebut.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    PenulisIndra Akuntono
    EditorLusia Kus Anna
    Close Ads X