Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penghasilan Orangtua Tak Pengaruhi Proses SNMPTN

Kompas.com - 23/05/2012, 11:36 WIB

Kompas.com - Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) menegaskan, data penghasilan orang tua calon mahasiswa dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tidak akan memengaruhi proses seleksi.

"Jangan khawatir tidak lolos seleksi karena berasal dari ekonomi bawah. Data penghasilan orang tua yang harus diisi itu hanya data biasa," kata Rektor Unnes Prof Sudijono Sastroatmodjo di Semarang, Selasa.
     
Menurut dia, data penghasilan orang tua pada formulir pendaftaran SNMPTN itu hanya pelengkap data, sebagaimana data jenis kelamin, alamat, tempat, dan tanggal lahir yang diisi oleh calon mahasiswa.
     
Ia mengatakan, data tersebut justru akan digunakan untuk memetakan kemampuan ekonomi mahasiswa yang nantinya akan dikembangkan untuk pertimbangan memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang kesulitan ekonomi.     
     
"Oleh sebab itu, calon mahasiswa yang mengikuti SNMPTN harus mengisi data penghasilan orang tua sesuai kenyataan sebenarnya. Sekali lagi saya tekankan jangan khawatir akan memengaruhi seleksi," katanya.
     
Unnes, kata dia, selama ini juga tidak pernah menerapkan tawar-menawar soal kemampuan pendaftar membayar kuliah dengan proses seleksi, dan penentuan diterima atau tidaknya calon mahasiswa bergantung kemampuan dan prestasi akademik.
     
Sudijono mengungkapkan, Unnes telah berkomitmen menyediakan kuota sedikitnya 20 persen untuk mahasiswa dari kalangan tidak mampu dari keseluruhan daya tampung dan akan dibebaskan dari seluruh biaya kuliah.
     
"Untuk beasiswa Bidik Misi, kami mendapatkan kuota sebanyak 1.500 penerima pada tahun ini. Dengan beasiswa ini mahasiswa dibebaskan dari biaya kuliah dan justru mendapatkan bantuan biaya hidup sebesar Rp 600 ribu/bulan," katanya.
     
Beasiswa Bidik Misi, kata dia, disalurkan melalui tiga jalur penerimaan, yakni mahasiswa dari jalur SNMPTN undangan, SNMPTN tulis, dan jalur mandiri atau yang disebut Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU).
     
"Bagi mahasiswa dari jalur SNMPTN undangan kami berikan kepada 960 penerima, SNMPTN tulis diperuntukkan bagi 240 penerima, sementara dari jalur mandiri diberikan kepada 300 penerima," kata Sudijono.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com