Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesalahan Pengisian Form Pendaftaran Masih Banyak Terjadi

Kompas.com - 23/05/2012, 21:33 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com -- Panitia Lokal Bandung untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 mendapati banyaknya kesalahan pengisian pada biodata yang mengakibatkan kesalahan pada data calon peserta. Oleh karena itu, mereka menyarankan agar setiap calon peserta teliti sebelum menyetujui pendaftaran.

Menurut Sekretaris Eksekutif Panitia Lokal Bandung-SNMPTN 2012, Asep Gana Suganda, salah satu kesalahan yang banyak ditemui adalah pengisian pada butir kebutuhan khusus oleh calon peserta yang seharusnya tidak membutuhkannya. Dia menjelaskan bahwa kebutuhan khusus disediakan bagi calon peserta tunanetra, tunarungu, tunawicara, atau tunadaksa.

"Calon peserta yang tidak memiliki kebutuhan khusus tidak diperbolehkan mengisi butir tersebut. Seharusnya dikosongkan saja," kata Asep, Rabu (23/5/2012) di Bandung, Jawa Barat.

Dia menjelaskan, bila peserta terlanjur mencantumkan pilihan itu, maka tidak bisa diubah lagi dan menjadi tanggung jawab calon peserta. Sebaliknya, untuk calon peserta yang memang berkebutuhan khusus, diminta untuk melaporkan kepada Panitia Lokal mengenai tempat dia mengerjakan ujian.

Selain butir kebutuhan khusus, panitia lokal juga mendapati kesalahan lain, seperti tidak munculnya foto pada kartu peserta. Asep meminta calon peserta tidak menempelkan sendiri foto bila hal itu terjadi, tetapi harus segera menghubungi panitia lokal tempat mereka mengikuti ujian. Untuk di Bandung, letaknya di Gedung Rotunda Kampus Institut Teknologi Bandung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com