Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Mahasiswa Bidik Misi ITB Diumumkan 26 Mei

Kompas.com - 24/05/2012, 13:08 WIB

Kompas.com - Calon mahasiswa Insitut Teknologi Bandung (ITB) melalui program bidik misi yang dinyatakan lolos melalui jalur undangan akan diumumkan bersama dengan calon mahasiswa jalur undangan biasa pada Sabtu 26 Mei 2012.

Menurut Rektor ITB, Akhmaloka, pengumuman kelulusan calon mahasiswa bidik misi jalur undangan itu baru terbatas pada penilaian akademik.

"Tanggal 26 sampai 27 Mei itu diumumkan semuanya untuk jalur undangan termasuk bidik misi. Tapi untuk bidik misi pengumumannya baru tahap penilaian akademik," katanya di Bandung (24/5).

Selanjutnya, kata Akhmaloka, tim verifikasi akan memeriksa apakah calon mahasiswa program bidik misi itu benar-benar berasal dari kalangan tidak mampu. "Jadi kalau secara akademik calon mahasiswa bidik misi itu dinyatakan lolos, tapi ternyata ketahuan dia anak orang mampu, maka harus dikeluarkan," katanya.

ITB sendiri saat ini sudah mempersiapkan tim verifikasi untuk memeriksa biodata calon mahasiswa tidak mampu yang mendaftar melalui jalur bidik misi.

Setiap perguruan tinggi negeri yang menerima calon mahasiswa dari jalur bidik misi, lanjut dia, pasti memiliki tim verifikasi untuk memeriksa biodata para calon.

Pada penerimaan mahasiswa tahun 2012, ITB menyediakan 900 kursi untuk mahasiswa tidak mampu melalui program beasiswa bidik misi dari Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. Secara nasional, Kemendibud mempersiapkan 30 ribu paket beasiswa program bidik misi bagi mahasiswa kurang mampu yang berprestasi untuk belajar di perguruan tinggi negeri.
    
Paket beasiswa tersebut terdiri atas biaya kuliah sebesar Rp6 juta per semester selama 4 tahun dan biaya hidup sebesar Rp600 ribu per bulan.
    
Akhmaloka mengatakan ITB melakukan penjaringan melalui sistem undangan kepada calon mahasiswa jalur bidik misi yang sebelumnya telah mendaftar ke Direktorat Pendidikan Tinggi Kemendikbud.
    
"Kalau nanti bidik misi jalur undangan tidak diterima, maka masih bisa ikut jalur ujian tertulis. Kalau ujian tertulis tidak masuk, bisa ikut jalur ujian mandiri. Khusus untuk calon peserta dari program bidik misi tidak dikenai biaya," tuturnya.
    
Daya tampung ITB untuk mahasiswa baru tahun ajaran 2012 sebanyak 3.300 kursi yang terdiri atas 900 kursi jalur bidik misi, 1.980 kursi dari jalur undangan serta 1.320 dari jalur ujian tertulis.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com