Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uhamka Buat Rekor Penulisan Kanji

Kompas.com - 24/05/2012, 18:57 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) meraih penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) atas rekor "Penulisan Huruf Kanji secara Serentak oleh Peserta Terbanyak". 

Penghargaan Muri tersebut diserahkan langsung oleh manajer Muri, J Ngadri kepada Rektor Uhamka, Suyatno, di Kampus Uhamka Pasar Rebo, Jakarta Timur, Kamis (24/5/2012).

Secara serentak, 690 peserta yang berasal dari berbagai kalangan, mahasiswa dan pelajar itu menuliskan huruf kanji di selembar kertas yang disediakan oleh panitia.

Menurut Suyatno, kegiatan ini menunjukkan kreativitas positif para dosen dan mahasiswa Uhamka Fakultas FKIP Jurusan Bahasa Jepang. Terlebih perlunya usaha keras untuk mengumpulkan ratusan peserta untuk terlibat dalam aksi pembuatan rektor tersebut.

"Saya memberikan apresiasi kepada semua pihak, khususnya mahasiswa FKIP Jurusan bahasa Jepang yang telah bersusah payah mengumpulkan para siswa  peminat  bahasa dan kebudayaan Jepang dalam satu tempat," ucap Suyatno.

Ditemui terisah, Ketua Pelaksana kegiatan itu, Andi Alfarizi mengatakan, aksi pembuatan rekor Muri termasuk dalam rangkaian pameran budaya dan seni Jepang yang digelar mahasiswa FKIP Jurusan Bahasa Jepang Uhamka di setiap tahunnya.

Dengan tema "Nihon kara genkina hakkaru inku atau goresan tinta semangat Jepang" sengaja diselipkan aksi pembuatan rekor tersebut.

"Rekor ini merupakan ide baru, sengaja kami pilih huruf kanji karena unik dan berbeda dengan huruf lain," kata Andi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com