Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan Kelulusan UN dengan "Ngonthel"

Kompas.com - 26/05/2012, 14:52 WIB
Ahmad Faisol

Penulis

SITUBONDO, KOMPAS.com — Ratusan siswa/siswi SMAN 1 Situbondo, Jawa Timur, merayakan kelulusan ujian nasional dengan cara tak biasa. Mereka berkonvoi keliling kota dengan menaiki sepeda onthel berbagai jenis, Sabtu (26/5/2012).

Menurut Haris Putera, salah seorang siswa yang ikut aksi ngonthel, dirinya dan ratusan temannya sengaja tampil beda dalam merayakan kelulusan UN pada tahun 2012 ini. "Dengan tujuan utama, untuk membiasakan cara hidup sehat kepada teman-teman. Selain itu, berkonvoi dengan menggunakan sepeda onthel bisa dilakukan secara tertib dan tidak akan mengganggu arus lalu lintas," katanya.

Walau cuma ngonthel, kata Haris, perayaan kelulusan itu tetap meriah dan ramah, baik ramah lingkungan maupun "ramah sama dompet". Maklum, Haris dan teman-temannya mengaku masih diberi uang oleh orang tuanya dan tak ada uang saku tambahan untuk merayakan kelulusan.

"Ide merayakan kelulusan berkonvoi menggunakan sepeda onthel ini tiba-tiba muncul sepekan menjelang pengumuman UN. Alhamdulillah ide saya itu langsung mendapat respons dari teman-teman, hingga akhirnya dilaksanakan konvoi keliling Kota Situbondo dengan sepeda onthel seperti ini," imbuhnya.

Daripada konvoi motor di jalanan, menurut Sudiyono, guru Bimbingan Konseling SMA Negeri 1 Situbondo, konvoi onthel yang dilakukan muridnya masih lebih baik karena tidak mengganggu arus lalu lintas dan ramah lingkungan. Dia mengaku bangga atas ide siswanya, Haris, yang merayakan kelulusan dengan mengonthel. "Konvoinya tertib dan mendapat apresiasi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com