Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unija Sumenep Ajukan Permohonan Jadi PTN

Kompas.com - 28/05/2012, 17:33 WIB

Kompas.com - Pengurus yayasan dan pimpinan Universitas Wiraraja Sumenep, Jawa Timur, mengajukan berkas permohonan petunjuk untuk perubahan status perguruan tingginya dari universitas swasta ke universitas negeri. Surat permohonan sudah diajukan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rektor Universitas Wiraraja (Unija) Alwiyah di Sumenep, Senin menjelaskan, sejak Februari 2012, pihaknya dan pengurus Yayasan Arya Wiraraja berencana mengubah status perguruan tinggi tersebut dari swasta ke negeri.
    
"Pekan lalu, kami secara resmi mengajukan berkas permohonan petunjuk untuk perubahan status Unija dari perguruan tinggi swasta (PTS) menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," ujarnya.
    
Sejak Februari, kata dia, pihaknya berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pihak terkait di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan guna menanyakan persyaratan yang harus dilengkapi guna mewujudkan keinginan untuk mengubah status Unija dari PTS ke PTN.
    
"Hasil komunikasi dan koordinasi itu, ada peluang untuk mengubah status Unija. Kami diminta untuk memenuhi sejumlah persyaratan guna menjadikan Unija sebagai PTN," ucapnya.
    
Sejumlah persyaratan itu, kata dia, di antaranya Unija harus memiliki lahan seluas 30 hektare dan 10 program studi. "Semula, persyaratan kepemilikan lahan seluas 30 hektare itu memberatkan kami. Namun, kemudian ada solusi dari Bupati Sumenep yang menyatakan bahwa pemerintah daerah siap menyiapkan lahan 30 hektare demi perubahan status Unija dari PTS ke PTN," paparnya.
    
Sementara untuk syarat Unija memiliki 10 program studi akan terwujud pada tahun akademik 2012-2013.
    
"Secara internal, kami sudah berusaha memenuhi persyaratan untuk mengubah status Unija dari PTS ke PTN. Ini memang tidak mudah dan tentunya butuh waktu. Semoga saja keinginan kami untuk menjadikan Unija sebagai PTN mendapat respons positif dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," kata Alwiyah.
    
Unija Sumenep mulai berdiri sejak 1986 dan sekarang memiliki 2.836 mahasiswa yang tercatat aktif berkuliah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com