Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Dosen Universitas Wyoming Mengajar di Undip

Kompas.com - 28/05/2012, 22:43 WIB
Sonya Helen Sinombor

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Selama dua pekan, mulai 28 Mei hingga 8 Juni, Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, menerima dua dosen tamu dari Universitas Wyoming, Amerika Serikat, yakni Tom Seitz, PhD, dan Stephanie Anderson, PhD. Keduanya akan mengajar di Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Undip.

Ketua Prodi Ilmu HI FISIP Undip Tri Cahyo Utomo mengungkapkan, Tom Seitz memiliki keahlian dalam bidang perbandingan politik serta politik internasional, sedangkan Stephanie Anderson memiliki keahlian dalam bidang politik dan keamanan Eropa.

Kedatangan dua dosen tersebut merupakan realisasi kerja sama antara Program Studi Ilmu HI FISIP Undip serta International Studies Program dan Jurusan Ilmu Politik Universitas Wyoming.

"Selain mengajar di Prodi HI, kedua dosen ini juga mengajar di Magister Ilmu Pemerintahan, S-1 Ilmu Pemerintahan, Administasi Publik, dan mengajar American Studies di FIB. Mahasiswa lain selain dari FISIP juga dapat mengikuti perkuliahan ini," kata Tri, Senin (28/5/2012), di Semarang.

Tri berharap kehadiran dosen luar yang mengajar di Undip bisa menambah wawasan dosen dan mahasiswa. "Di Amerika Serikat tentu pendidikannya lebih maju dibandingkan dengan Indonesia. Dengan begitu, mereka akan menularkan ilmu pengetahuan," ujarnya.

Selama di Undip, Tom Seitz akan memberikan kuliah dengan tema seperti politik luar negeri AS terhadap Asia Tenggara, Indonesia dalam kebijakan keamanan AS, serta peranan PBB dalam pembangunan kembali setelah perang. Sementara Stephanie Anderson akan mengajar dengan tema kebijakan keamanan dan politik luar negri Uni Eropa serta mengapa dan bagaimana Uni Eropa tertarik terhadap Aceh.

Oleh karena itu, Tri berharap para dosen dan mahasiswa Ilmu HI FISIP Undip mempelajari bahan-bahan kuliah dari kedua dosen tersebut.

Adapun Rektor Undip Sudharto P Hadi mengungkapkan, sebaiknya kerja sama seperti ini dikembangkan lebih luas ke program studi lain di Undip. Apalagi, Universitas Wyoming terkenal dengan Program Geologi dan Antropologi sehingga bisa melakukan penjajakan kerja sama dengan Jurusan Teknik Geologi Undip.

Ia juga berharap ada dosen Undip yang bisa mengajar di Universitas Wyoming dalam bentuk program pertukaran dosen. Dosen Undip diharapkan dapat mengajar tentang politik Indonesia atau Asia Tenggara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com