Sabtu, 1 November 2014

News / Edukasi

Peraih Nilai UN Tertinggi Akan Diberi Laptop

Rabu, 30 Mei 2012 | 12:22 WIB

KOMPAS.com — Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, telah menyiapkan tujuh buah laptop baru untuk diberikan kepada para peraih nilai ujian nasional (UN) tertinggi. Selain itu, disediakan pula beasiswa studi kedokteran dan kesenian bagi siswa yang berhasil diterima di perguruan tinggi negeri.

"Bupati sudah menyediakan tujuh buah laptop yang akan dibagikan kepada para peraih nilai UN tertinggi. Serah terimanya masih menunggu hasil pengumuman seluruh sekolah selesai," ujar Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Bangka Barat Rozali di Muntok, Rabu (30/5/2012).
     
Ia menjelaskan, pemberian hadiah laptop untuk para peraih nilai UN tertinggi tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan motivasi siswa sekaligus meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan di daerah itu.

Sementara itu, pemberian beasiswa akan dilakukan bagi siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri yang sudah menandatangani nota kerja sama dengan Pemkab Bangka Barat, seperti Universitas Sriwijaya, Palembang, Universitas Negeri Jakarta, dan Institut Pertanian Bogor.
     
"Hal ini dimaksudkan agar para mahasiswa yang mendapatkan beasiswa tersebut setelah lulus mau mengabdikan dirinya dan ikut berpartisipasi dalam pembangunan daerah," ujarnya.
     
Ia mengatakan, Pemkab telah menyediakan anggaran untuk beasiswa mahasiswa kedokteran sampai lulus bagi tiga orang yang berhasil diterima di Unsri Palembang. Sedangkan untuk Jurusan Seni di UNJ dan Pertanian di IPB beasiswa yang diberikan merupakan beasiswa lanjutan pada 2011, sementara untuk tahun ini belum ada rekomendasi.
     
"Sebagai pertanggungjawaban penerima beasiswa tersebut, setiap semester kami minta laporan hasil belajar agar kami dapat mengontrol sampai sejauh mana prestasi yang diraih si penerima beasiswa tersebut," ujarnya.
     
Selain peraih nilai tertinggi UN dan beasiswa perguruan tinggi, kata dia, Pemkab juga akan memberikan berbagai penghargaan kepada pihak sekolah, guru, dan siswa berprestasi lain baik prestasi tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional.
     
Menurut dia, prestasi tersebut dapat berupa prestasi bidang pendidikan, seperti olimpiade ilmu pengetahuan atau prestasi dalam bidang kesenian, olahraga, serta guru atau sekolah teladan.
     
"Pemkab biasanya memberikan berbagai penghargaan itu bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI bersama warga berprestasi dalam bidang lain," ujarnya.
     
Dalam hal ini, kata dia, selain mendapatkan penghargaan dalam bentuk piagam, para peraih prestasi tersebut juga akan mendapatkan uang pembinaan yang disesuaikan dengan tingkat prestasinya.

"Berbagai penghargaan tersebut diharapkan dapat memotivasi warga lain berbuat hal-hal yang melebihi apa yang sudah diraih warga tersebut sekaligus dalam upaya memberikan motivasi agar semakin banyak warga yang berperan dalam setiap langkah pembangunan daerah dan nasional menuju masyarakat mandiri dan sejahtera," ujarnya.


Editor : Lusia Kus Anna
Sumber: