Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Esa Unggul Expo 2012 Rangsang Minat Baca Mahasiswa

Kompas.com - 31/05/2012, 11:52 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, Universitas Esa Unggul menggelar "Esa Unggul Expo 2012". Digelar selama tiga hari, acara ini akan diramaikan dengan berbagai kegiatan seminar dan bazar buku Gramedia.

Di hari pertama, Kamis (31/5/2012), Esa Unggul Expo menggelar seminar bertajuk "Great Speaking Strategy". Dengan menghadirkan nara sumber kondang seperti Choky Sihotang dan Clint Wilfred Tetelepta, para peserta seminar akan disuguhi banyak strategi mengenai komunikasi yang baik oleh kedua nara sumber tersebut.

Pada hari kedua besok, seminar mengenai kiat membaca cepat akan digelar di tempat yang sama. Tidak tanggung-tanggung, penulis sekaligus penemu trik membaca kilat, Agus Setyawan dihadirkan langsung sebagai nara sumber.

Ketua pelaksana Esa Unggul Expo 2012, Ria Panjaitan, mengatakan acara ini sengaja digelar untuk merangsang minat membaca di kalangan mahasiswa. Selain itu, melalui seminar yang digelar para mahasiswa diharap akan mendapatkan wawasan baru tentang komunikasi yang efektif. 

"Melalui kegiatan ini kita ingin merangsang mahasiswa agar lebih suka membaca. Penulisnya langsung kita hadirkan sebagai pembicara," kata Ria, saat ditemui di lokasi acara, Universitas Esa Unggul, Jakarta, Kamis (31/5/2012).

Seminar dibuka untuk peserta mahasiswa, dosen, maupun di luar lingkungan kampus (umum). Untuk dapat mengikutinya, para peserta hanya dikenakan biaya sekitar Rp 50 ribu. Menurut Ria, biaya tersebut relatif murah karena biasanya Agus Setyawan memasang harga Rp 3,5 juta untuk satu kali seminarnya.

"Ini sangat murah, sayang jika dilewatkan. Sudah murah, peserta juga akan mendapatkan sebuah buku," ujar Ria.

Selain digelar dua seminar itu, pihak penyelenggara juga menggandeng toko buku Gramedia Matraman untuk membuka stan bazaar. Berbeda dengan biasanya, stan Gramedia yang hadir pada acara ini hadir lebih besar dan memajang banyak buku yang dijual dengan harga lebih murah.

Khusus untuk bazaar buku, stan Gramedia akan berdiri di sekitar pelataran parkir kampus Esa Unggul sampai Sabtu (2/6/2012) mendatang. Rencananya, Esa Unggul Expo akan digelar secara rutin di tahun-tahun mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com