Jumat, 22 Agustus 2014

News / Edukasi

Hasil UN SLTP

Banyak Siswa Tak Lulus Ujian Matematika

Sabtu, 2 Juni 2012 | 10:03 WIB

KOMPAS.com — Siswa yang mengikuti ujian nasional 2012 tingkat SMP dan sederajat yang tidak lulus terbanyak dalam mata pelajaran Matematika, kemudian diikuti Bahasa Inggris, IPA, dan Bahasa Indonesia, ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh.
    
"Seluruhnya 229 siswa tidak lulus mata pelajaran Matematika," ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh kepada pers saat menyampaikan hasil ujian nasional (UN) 2012 tingkat SMP dan sederajat di Jakarta, Jumat (1/6/2012).
    
Hasil ujian nasional yang telah diketahui yaitu siswa SMP yang tidak lulus mencapai 15.945 siswa, yang terbanyak gagal dalam mata pelajaran Matematika.
    
Menurutnya, Banten merupakan provinsi yang siswanya memiliki tingkat kelulusan terendah (12 persen) untuk pelajaran Matematika, yang wilayahnya mencakup Serang, Tangerang, dan Pandeglang.
    
Sementara itu, nilai UN IPA terendah ada di wilayah Sulawesi Tenggara dengan 103 siswa yang tidak lulus. Menurut Mendikbud, pihaknya akan melakukan analisis dan perbaikan penyebab rendahnya tingkat kelulusan di beberapa mata pelajaran.
    
"Kami akan meninjau ulang penyebab rendahnya nilai di beberapa ujian nasional," ujarnya.
    
Dari hasil yang diperoleh, setelah matematika, nilai ujian yang paling banyak tidak lulus berikutnya, yaitu Bahasa Indonesia sebanyak 143 siswa dan Bahasa Inggris sebanyak 191 siswa.
    
Nuh menilai UN diharapkan bisa memicu semangat belajar siswa, dan bagi siswa yang tidak lulus tahun ini diharapkan untuk tidak putus asa karena masih ada ujian susulan. Mendikbud juga menyebutkan bahwa UN bisa memilah potensi dan kompetensi siswa sedetail mungkin karena banyak siswa yang nilai UN lebih tinggi dibanding nilai ujian sekolah (US).
       
Pengumuman kelulusan ujian nasional tingkat SMP/MTS akan dilaksanakan serentak secara offline dan online di situs web www.kemdiknas.go.id pada 2 Juni 2012 mulai pukul 00.00 dengan persentase kelulusan mencapai 99,57 persen.
    
Nuh juga menyebutkan bahwa jumlah peserta UN tingkat SMP/MTS tahun ini sebanyak 3.697.865 siswa dan hanya 15.945 peserta yang tidak lulus.


Editor : Lusia Kus Anna
Sumber: