Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pondok Gontor Rancang Pendirian Universitas Multidisiplin

Kompas.com - 03/06/2012, 23:06 WIB

PONOROGO, KOMPAS.com — Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur, tengah merancang pendirian sebuah universitas multidisiplin dengan tetap berbasis keislaman.

"Ya, insya Allah proposal pendirian Universitas Gontor kami ajukan ke Kementerian Pendidikan akhir tahun ini," kata Pembantu Rektor Bidang Kerja Sama Luar Negeri Institut Studi Islam Darussalam (ISID) Gontor Amal Fathullah di Ponorogo, Minggu (3/6/2012).

Ia tak menyebut berapa nilai anggaran yang mereka ajukan untuk mendirikan universitas yang rencananya akan dijadikan sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan umum berbasis keislaman tersebut.

Amal mengemukakan, proses perizinan masih akan mereka ajukan ke pemerintah dalam beberapa bulan mendatang sehingga strategi maupun proses penggalangan anggaran untuk pendirian Universitas Darussalam, Gontor, belum menjadi prioritas pembahasan mereka.

"Kami fokus pada perizinannya dulu, baru nanti membahas soal anggaran dan sebagainya," ujarnya.

Meski tak bersedia mengungkap detail rancangan pendirian dimaksud, Amal menyatakan bahwa sejumlah persiapan mentransformasi lembaga pendidikan tinggi ISID Darussalam Gontor menjadi universitas telah mereka lakukan.

Salah satu yang menjadi fokus persiapan oleh pihak rektorat ISID adalah dengan menjalin kerja sama pendidikan dengan Universitas Science Islam (USI) Malaysia dan Universitas Al-Azar di Kairo, Mesir.

Kerja sama serupa juga mereka lakukan dengan sejumlah lembaga pendidikan tinggi Islam di 10 negara lain, baik yang ada di kawasan Asia Tenggara maupun Timur Tengah.

Namun, khusus untuk tujuan pengembangan universitas di kompleks Pondok Modern Darussalam, Gontor, Ponorogo, rektorat ISID saat ini lebih mengonsentrasikan kerja sama dengan dua lembaga pendidikan tinggi keislaman yang ada di Malaysia (USI) dan Universitas Al-Azar, Mesir.

Alasannya, kata Amal, dua lembaga pendidikan tinggi berbasis Islam tersebut memiliki konsep yang jelas dalam hal pengembangan aneka ilmu pengetahuan dengan tidak meninggalkan nilai-nilai keislaman.

"Nota kesepahaman telah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir. Kerja sama juga telah kami lakukan dengan melakukan pertukaran mahasiswa dan dosen," ujarnya.

Sejak berdiri pada tahun 1963, Pondok Modern Darussalam melalui ISID Gontor telah memiliki 10 prodi/jurusan keilmuan (delapan prodi untuk jenjang pendidikan S-1 dan dua prodi untuk jenjang pascasarjana).

"Kalau saat ini fakultas maupun prodi yang ada masih berkutat pada studi ilmu Islam, nanti setelah menjadi univesitas kami ingin memasukkan studi pengetahuan umum dengan tidak meninggalkan nilai-nilai pelajaran keislaman. Konsep pengembangan pendidikannya antara ilmu pengetahuan umum dan studi Islam nanti adalah 70 persen berbanding 30 persen," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com