Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Pemasangan Baliho di Kampus UI Dinaikkan

Kompas.com - 07/06/2012, 04:08 WIB
Dimasyq Ozal

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Berdalih semerawutnya publikasi acara di Universitas Indonesia (UI), pihak Humas mengeluarkan kebijakan penetapan tarif baru publikasi. Ini berlaku untuk pemasangan baliho dan spanduk acara UI yang sifatnya komersil dan didanai sponsor.

Menurut data yang diperoleh Kompas.com dari Humas UI, pemasangan baliho ukuran 5,8 X 4 meter dikenakan tarif Rp 10.000 perhari (naik Rp 7.000) dan spanduk ukuran 5,8 X 2 meter Rp 6.000 (Naik Rp 4.000).  Dua bulan terakhir, ada sekitar 177 acara di UI dan sebagian besar mempublikasikan acaranya di UI.

"Baliho dan spanduk menjadi tempat favorit UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) untuk publikasi acara dan tempat eksis UKM-nya, terutama di ruang publikasi depan Stasiun UI," kata Wakil Kepala Humas UI Farida Haryoko ditemui di kantornya, Gedung PAU Rektorat UI, Rabu (6/6/2012).

Selain itu, panitia acara juga dikenakan biaya jaminan publikasi sebesar Rp 30.000 untuk baliho dan Rp 20.000 untuk spanduk. Ini dimaksudkan supaya panitia mau menurunkan kembali baliho atau spanduknya dari ruang publikasi jika acaranya sudah selesai atau lewat dari batas waktu seminggu.

“Sebelumnya, banyak panitia tidak bertanggung jawab kalau acara sudah selesai. Jadi, kami (PLK UI) tidak perlu lagi repot menurunkan baliho tersebut dan Uang jaminan pun kita kembalikan utuh,” ujar Farida.

Asisten Kasubdit Pembina Lingkingan Kampus (PLK) UI menuturkan, perizinan publikasi digratiskan, asalkan acaranya bersifat nirlaba, tidak didanai sponsor dan mendapat perizinan dari Direktorat Kemahasiswaan UI. "Saya mencontohnya, Open Recruitment UKM dan itu digratiskan," kata Ismail.

Kebijakan tarif baru ini lah, menyulut kemarahan BEM UI untuk memasang baliho raksasa sepanjang 4 X 30 meter di depan Stasiun UI pada Senin (4/6/2012). Bertuliskan, "Besar? Ada Masalah di UI yang Jauh Lebih Besar dari Sekedar Baliho ini."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com