Kamis, 28 Agustus 2014

News / Bisnis & Keuangan

Mulai 2015, Pegawai Swasta Juga Dapat Uang Pensiun

Senin, 11 Juni 2012 | 15:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) akan menyelenggarakan jaminan pensiun bagi karyawan swasta, baik formal maupun non-formal, mulai Juli 2015.

Hal itu sesuai Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2001 tentang BPJS, dan sudah disahkan oleh Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN).

Untuk mendapatkan uang pensiun, semua pegawai swasta harus mengikuti program jaminan pensiun yang diselenggarakan BPJS. Syarat lainnya, para calon pensiunan harus membayar iuran sebesar 0,3 persen dari upahnya per bulan.

"Uang pensiun pekerja perusahaan sepenuhnya ditanggung pensiunan, 0,3 persen dari uang pensiun sebulan," ujar Ketua DJSN Chazali Situmorang di kantor Jamsostek, Senin (11/6/2012).

Chazali menjelaskan, para pegawai swasta yang di-PHK tetap akan mendapat kompensasi selama enam bulan. "PHK sampai enam bulan tetap jadi peserta tanpa bayar iuran," ungkapnya.

Angka uang pensiun yang akan diberikan kepada pegawai swasta belum ditetapkan sepenuhnya. Namun, program pensiun bagi para pekerja telah ditetapkan sejak 2011. (Adiatmaputra Fajar Pratama)


Editor : Erlangga Djumena
Sumber: